Lihat ke Halaman Asli

LindungiHutan

LindungiHutan.com

Hasil Riset Tunjukkan Survival Rate Penanaman Mangrove LindungiHutan di Mangunharjo 93%, Bagaimana Lainnya?

Diperbarui: 8 Desember 2023   08:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Jumat, 24 November 2023, LindungiHutan memaparkan hasil penelitian tingkat survival rate dan growth rate dari penanaman mangrove di wilayah pesisir Utara Semarang dan sekitarnya. Hasil penelitian tersebut kemudian di-submit kepada International Change yang diselenggarakan oleh Pertamina.

Riset tersebut diharapkan dapat menjadi kritik serta evaluasi bagi LindungiHutan dalam melakukan penanaman dan rehabilitasi mangrove secara lebih efektif dan berdampak ke depannya.

"Untuk mendiseminasi riset LindungiHutan pada ajang terkait, kegiatan dihadiri oleh berbagai pakar yang bergerak dalam bidang nature-based solution in climate change dan para petinggi terutama PERTAMINA Foundation," Ujar Muhamad Agung Triyudha Agustina, periset sekaligus RnD Field Officer LindungiHutan.

Penelitian "Mangrove of North Coast Semarang: Assessment of Survival Rate and Growth Progress of Mangrove Rehabilitation Effort" dilakukan di empat lokasi penanaman LindungiHutan yang mewakili yaitu pesisir Tambakrejo Semarang, Pantai Mangunharjo, Pantai Trimulyo, dan pesisir Desa Bedono Demak.

Tingkat Survival Rate dan Growth Rate di Beberapa Lokasi Penanaman Mangrove LindungiHutan

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat kelangsungan hidup atau survival rate mangrove sebesar 70% di pesisir Tambakrejo Semarang, 93% di Pantai Mangunharjo, 75% di Pantai Trimulyo, dan 58% di Desa Bedono Demak.

"Hasil riset menunjukkan bahwa tingkat SR atau survival rate penanaman LindungiHutan di wilayah pesisir Semarang berada pada rentang berhasil hingga kurang berhasil yang disebabkan oleh beragam faktor terutama oleh kesesuaian faktor lingkungan," Ujar Agung.

Adapun, salah satu lokasi penanaman LindungiHutan yang memiliki SR dan Growth Rate (Tingkat pertumbuhan) berada di Pantai Mangunharjo Semarang.

"Untuk growth rate sendiri beragam di setiap lokasi dengan SR dan GR tertinggi berada di lokasi penanaman Pantai Mangunharjo Semarang," Imbuh Agung.

Kilas Balik Lokasi Penanaman LindungiHutan

Penanaman mangrove di beberapa lokasi LindungiHutan tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan menyertainya, tentu alasan kondisi lingkungan jadi yang paling kuat. Lokasi penanaman ini mengalami kerusakan ekosistem yang cukup parah, beberapa di antaranya bahkan memaksa masyarakat setempat untuk pindah meninggalkan tempatnya yang kini terendam air laut.

LindungiHutan coba merangkum kondisi di beberapa lokasi penanaman yang menjadi objek penelitian:

1. Pesisir Tambakrejo Semarang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline