Lihat ke Halaman Asli

LindungiHutan

LindungiHutan.com

Urgensi Green Marketing dan CSR Lingkungan dalam Meningkatkan Sales Bisnis

Diperbarui: 15 Februari 2023   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa sebenarnya green marketing dan mengapa penting bagi brand dan perusahaan? (Dokpri)

Tahukah kamu, masyarakat kini kian berminat terhadap produk-produk ramah lingkungan. Mengutip dari hasil survey Katadata Insight Center (KIC) "Katadata Consumer Survey on Sustainability" menunjukkan sebanyak 60,5% konsumen membeli produk berkelanjutan atau ramah lingkungan karena ingin melestarikan bumi.

Data tersebut membuktikan bahwa penting bagi perusahaan atau brand berkomitmen kepada upaya-upaya pelestarian lingkungan. Tentu, komitmen bisa diwujudkan dalam berbagai cara, seperti produk yang ramah lingkungan, pelaksanaan CSR dan TJSL yang berdampak positif, hingga upaya untuk menekan proses produksi yang eco friendly dan berkelanjutan.

Bahkan, dalam laporan Sustainable Shoppers Buy The Change They Wish to See In The World yang dirilis oleh Nielsen menunjukkan 81% responden global sangat meyakini bahwa perusahaan harus membantu memperbaiki lingkungan.

Maka tak heran banyak brand yang kemudian menerapkan konsep green marketing sebagai upaya untuk meningkatkan sales. Green marketing sendiri adalah sebuah konsep yang meliputi pengembangan seluruh kegiatan pemasaran untuk merangsang dan mempertahankan perilaku konsumen yang ramah lingkungan.

Penerapan konsep green marketing oleh brand untuk memenuhi keinginan konsumen terhadap produk-produk yang ramah lingkungan. Brand dituntut untuk mencapai konsumen dengan pesan-pesan green marketing. Green marketing juga mampu memengaruhi perasaan emosi serta rencana konsumen yang berdampak pada minat beli.

Selain konsep green marketing, pelaksanaan CSR atau Corporate Social Responsibility juga berperan besar dalam meningkatkan angka penjualan produk.

Menurut Fan dalam artikel The Influence of Corporate Social Responsibility on Consumer Purchase Intention toward Environmentally Friendly Sneakers (2022), bahwa membangun citra merek melalui CSR dapat memengaruhi sikap konsumen.

Karena, konsumen cenderung lebih mengingat citra sebuah merek daripada atribut produknya. Jadi, makin baik citra yang ditampilkan, semakin positif pula sikap konsumen terhadap produk yang dihadirkan.

ColaboraTree, Alternatif Mudah Wujudkan Kepedulian Perusahaan dan Brand terhadap Lingkungan

Melalaui ColaboraTree perusahaan bisa menjalankan program penghijauan dengan mudah. (shutterstock.com)

ColaboraTree adalah jawaban bagi brand yang ingin melaksanakan program kebaikan dan kepedulian lingkungan tanpa perlu menyita waktu dan tenaga. Bersama LindungiHutan lebih mudah untuk merencanakan, melaporkan, dan menjalankan program penghijauan sepanjang tahun yang melibatkan lebih banyak orang dan mendukung dampak kebaikan perusahaan/brand.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline