Lihat ke Halaman Asli

Lindayani Amalia

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa Unnes Giat5 Desa Bogosari Melakukan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi di SMP N 1 Guntur

Diperbarui: 3 Agustus 2023   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

ey-64cb419208a8b553f87be292.jpg

                                                                                                                    Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Berpedoman pada Tri Dharma Perguruan Tinggi serta implementasi program MBKM, Universitas Negeri Semarang menjalankan program Unnes Giat 5 ( Growing, Impactful, Awareness, dan Team Work) yang dilakukan oleh mahasiswa unnes angkatan 2020.


Desa Bogosari, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak merupakan salah satu mitra Giat 5 yang secara langsung dipilih oleh Universitas Negeri Semarang sebagai salah satu tempat untuk pengabdian masyarakat. Hal ini termasuk di dalam slogan yang dimiliki Unnes Giat, yang berbunyi “Bersama Unnes Giat, Membangun Indonesia dari Desa.” Slogan itulah yang akan menjadi pedoman untuk melaksanakan program kerja di Desa tersebut.

Melihat dari masalah yang sudah ada seperti kurangnya perawatan dan kelalaian dalam merawat sistem reproduksi anak di SMP Negeri 1 Guntur, Menggerakan mahasiswa peserta Unnes Giat 5 Desa Bogosari untuk mengadakan kegiatan sosialisasi dan pembagian tablet tambah darah sebagai nutrisi untuk mencegah penyakit anemia bagi siswi-siswi SMP Negeri 1 Guntur.

Sistem Kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat secara fisik, mental dan sosial secara utuh.  Pendidikan kesehatan reproduksi di sekolah/madrasah sangat penting mengingat belum tersosialisasikannya secara menyeluruh cara perawatan kebersihan organ reproduksi, perilaku seksual pranikah, kehamilan anak yang berisiko dan masalah reproduksi pada peserta didik saat ini dan setelah dewasa. Pendidikan kesehatan reproduksi bagi anak usia sekolah lebih menekankan kepada proses pertumbuhan dan perkembangan untuk mencapai dewasa sehat dan mengasah kemampuan/daya tangkal peserta didik untuk menghindarkan diri dari perilaku berisiko atau pengaruh luar yang akan berdampak negatif bagi kesehatan mereka khususnya kesehatan reproduksi.

Berkaitan dengan hal tersebut, mahasiswa Unnes Giat 5 Desa Bogosari memilih melakukan kegiatan sosialisasi "Kesehatan Reproduksi". Kegiatan ini dilakukan pada Hari Rabu, 26 Juli 2023 bertempat di SMP Negeri 1 Guntur. Sosialisasi ini merupakan salah satu tujuan untuk merawat kesehatan reproduksi bagi siswi-siswi di SMP Negeri 1 Guntur.

Alasan memilih kegiatan sosialisasi tersebut, supaya siswa-siswi tahu bagaimana cara merawat sistem reproduksi dengan baik dan sehat. Kemudian dalam merawat sistem reproduksi itu sendiri ada beberapa cara terdiri dari ;

1. Pakai handuk yang lembut, kering, bersih, dan tidak berbau atau lembab.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline