Lihat ke Halaman Asli

Linda Siti nurhalizah

Mahasiswa atau pelajar

Penggunaan E-Wallet sebagai Kemajuan Teknologi Digital diberangkatkan Modern

Diperbarui: 19 Agustus 2024   09:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

 E-wallet atau memiliki sebutan lain yaitu dompet digital ini merupakan salah satu bukti kemajuan digital bidang keuangan yang mana dapat memudahkan masyarakat dalam mengatur masalah keuangan atau melakukan segala bentuk transaksi keuangan. 

 Kemajuan teknologi sangat menguntungkan masyarakat karena akan mempermudah segala urusan mereka. E -wallet memiliki kegunaan yang sangat penting dan sangat praktis menggunakannya dan sekarang e-wallet sudah menjadi andalan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan dimna pun. 

 E-wallet sendri memiliki bentuk layanan seperti berbagai macam aplikasi tentang transaksi keuangan selain mengirim uang e -wallet juga bisa menyimpan uang sehingga uang tersebut akan aman tersimpan. 

 Adapun sistem pembayaran di e-wallet bisa dilakukan secara online maupun offline. Pada transaksi online, pembayaran umumnya dilakukan melalui platform seperti marketplace. 

 Sementara itu transaksi offline dengan e-wallet dapat dilakukan ketika akan membayar secara langsung di merchant melalui QRIS. Proses ini terjadi saat pemindaian kode QRIS untuk memotong swjumlah saldo yang dimiliki di e-wallet. 

Yang paling terpenting adalah smartphone dengan e- wallet krna segala penyimpanan keuangan tertera di dalamnya, selama kita memiliki itu maka segala transaksi keuangan apapun akan mudah dilakukan dimana dan kapan pun. 

E-wallet sendiri memiliki beragam layanan aplikasi dan aplikasi tersebut sudah menjadi langganan masyarakat pada saat ini berikut beberapa layanan e-wallet buang tersedia di Indonesia, seperti OVO, DANA, GO-Pay dan ShopeePay yang dapat diunduh secara gratis dan transaksi pembayaran aplikasi e-wallet  bergantungan pada kesediaan internet . 

E-wallet adalah alat pembayaran digital yang bisa dilakukan untuk berbagai transaksi, seperti pembelian pulsa, investasi, penyimpanan yang dan berbagai transaksi keuangan lainnya. 

Berikut beberapa manfaat e-wallet adalah sebagai berikut:

1.pembayaran transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan praktis 

Contohnya membeli barang online kita hanya perlu membayar lewat Shopee pay atau transaksi keuangan lain, jadi ketika kurir telah tiba mengantar barang kita tidak perlu repot-repot lagi mengeluarkan uang cash . 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline