Lihat ke Halaman Asli

Linda sansassabila

Mahasiswa IAIN Jember

Guru sebagai Pendidik

Diperbarui: 9 April 2020   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Guru adalah seseorang yg ilmunya kita terima tanpa berharap balasan dan orang yg perlu kita nilai dan ingat dalam-dalam dihati, karena bagi saya "senilai apa guru di hati kita,sebesar itu pula ilmu yg didapat"

Guru merupakan orang tua kedua di sekolah. Yang mengajari dan memberi ilmu untuk siswanya. Tidak hanya memberikan materi, tetapi guru harus memiliki akhlak yang baik dan bisa menjadi contoh untuk siswanya agar berperilaku baik. Sebagai pendidik memang harus menjadi contoh yang baik untuk siswanya, karena seorang pendidik harus bertanggung jawab dengan profesinya menjadi guru. Guru juga mempunyai tanggung jawab dalam mendidik siswa agar mempunyai sikap dan tingkah laku baik. Entah itu ketika berada dilingkungan sekolah atau dimasyarakat.

Setiap siswa memiliki karakter berbeda-beda yang terkadang membantu jalannya proses belajar mengajar atau sebaliknya. Hal inilah yang menjadi tugas seorang guru untuk mendidik sang murid agar berjalan di koridor yang semestinya di dunia pendidikan.

Guru memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa. Bimbingan ini diharapkan mengembangkan kemampuan motorik maupun kemampuan lain yang dimiliki peserta didik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline