Dalam pembelajaran tentu saja kita perlu memiliki tujuan capaian agar menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah pendidikan. Salah satu tujuan pembelajaran yang bisa menjadi acuan yaitu kerangka konsep pembelajaran yang dirumuskan oleh Benjamin SamueL Bloom, yaitu Taksonomi Bloom.
Bloom mengklasifikasi tujuan pembelajaran dengan tiga klasifikasi, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketiga klasifikasi ini menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran.
Dalam ranah kognitif, tentunya mencakup kepada intelektual yang di dalamnya berisi terkait fakta-fakta, pola-pola prosdural atau konsep-konsep yang dapat meningkatkan perkembangan skill intelektual.
Dalam ranah afektif, tentunya yang berkaitan dengan perkembangan perasaan, sikap, nilai dan emosi, hal ini juga menjadi hal yang penting yang pru dipersiapkan dalam menentukan keberhasilan pembelajaran yaitu sikap peserta didik pada teman atau gurunya
Dan dalam ranah psikomotor, ini berkaitang dengan keterampilan atau komunikasi sosial dengan satu sama lainnya.
Taksonomi Bloom ini dijadikan klasifikasi yang dapat digunakan untuk memprediksi sebuah kemampuan peserta didik dalam hasil belajarnya dari kegiatan pembelajaran tersebut. Taksonomi Bloom sangat berpengaruh pada proses pembelajaran dan telah dirasakan sampai saat ini dan memberi manfaat yang sangat berharga bagi seorang pendidik dan pengajar lainnya untuk menjadi acuan dalam keberhasilan pembelajaran.
Demikianlah, tujuan dari pembelajaran yang dikemukakan oleh taksonomi bloom yang dapat dijadikan sebagaik tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Semoga bermanfaat, Terimakasih...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H