Lihat ke Halaman Asli

Linda Nurlinasari

Content Writer~Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Inilah 5 Keistimewaan Al-Qur'an, Sumber Lautan Ilmu Bahkan sebagai Mukjizat Abadi Lho! Yuk Simak!

Diperbarui: 1 April 2023   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi keistimewaan Alquran. Foto: Al-Qur'an Digital-Republika

Al-Qur'an menurut bahasa berasal dari kata Qara'a-Yaqro'u-Qur'anan artinya bacaan atau yang dibaca. Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan kepada Rasullah SAW melalui perantara malaikat Jibril. Nama-nama lain Al-Qur'an meliputi ; Al-kitab (Kitab/buku), Al-Furqon (Pembeda), Al-Zikr (Pengingat), Al-Huda (Petunjuk), An-nur (Cahaya) dan Al-bayyinah (keterangan).

Ada sebuah Kutipan dari buku Aneka Keistimewaan Al-Qur'an yang mana dibuku tersebut disebutkan Al-Qur'an ini sebagai kitab menutup atau menjadi penutup kitab samawi dan menegaskan bahwa Al-Qur'an akan selalu terpelihara dari berbagai macam kepalsuan.

Kesempurnaan Al-Qur'an menjadikan kitab suci paling istimewa dan dapat dijadikan pedoman kehidupan manusia di dunia dan akhirat. Lalu apa saja sebetulnya keistimewaan Al-Qur'an itu? Yuk simak ulasannya.

Berikut 5 keistimewaan Al-Qur'an

1. Jika Membaca Al-Qur'an Mendapat Pahala 10 Kali Lipat

Al-Qur'an menjadi sumber utama umat muslim bahkan sebagai landasan pengetahuan agama islam, ketika membaca Al-qur'an kita memiliki nilai ibadah dengan pahala yang besar, Bahkan dalam Riwayat Hadist Bukhari menyatakan bahwa jika kita membaca satu huruf dari ayat Al-Qur'an maka akan mendapatkan pahala 10 kali lipat.

2. Al-Qur'an Diturunkan Dua Kali

Proses penurunan Al-Qur'an itu secara dua kali berbeda dengan kitab lainnya. Proses penurunan yang pertama ialah secara sekaligus pada malam Lailatul Qadar (sepuluh akhir di bulan Ramadan) di langit dunia. Kemudian pada proses penurunan yang kedua Al-Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur ke bumi pada masa kenabian.

3. Terdapat Kebenaran dan Tidak ada Keraguan

Selain membaca Al-Qur'an itu mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan dapat dijadikan sebagai pedoman kehidupan umat manusia di dunia dan akhirat. Lebih dari sekedar itu, Al-Qur'an juga di dalamnya banyak kebenaran yang terungkap tanpa adanya keraguan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline