Lihat ke Halaman Asli

linda natalia

Mahasiswa

Belajar Menulis dengan Media Sederhana yang Mampu Meningkatkan Aspek Motorik Peserta Didik di SD N 02 Gebyog

Diperbarui: 16 Agustus 2022   16:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Universitas Slamet Riyadi Surakarta terkhusus kelompok 12 berkontribusi dalam kebangkitan pasca pandemi.

Jumat, 5 agustus 2022, bertepatan di SD N 02 Gebyog, Desa Gebyog, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Linda Natalia selaku mahasiswa KKN didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Fikriana Mahar Rizqi, S.I.Kom., M.A. melaksanakan Program Kerja Individu yaitu belajar menulis dengan media sederhana.

Media tersebut berbahan kotak dari kardus bekas dan tepung kanji, penggunaannya sangat mudah, tepung kanji dituang ke kotak secukupnya kemudian peserta didik diarahkan untuk menulis pola, huruf maupun angka yang telah Linda tulis di papan tulis.

Dokpri

Kegunaan media ini adalah untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan serta mengasah aspek motorik  peserta didik sehingga meningkatkan kemampuan mereka, yaitu anak kelas 1 SD dalam menulis.

Selama pembelajaran dilaksanakan Linda menyatakan bahwa tidak ada kendala, bahkan peserta didik cenderung menikmati kegiatan pembelajaran yang berlangsung.

Pada pertemuan selanjutnya, yaitu hari kamis, 11 agustus 2022 peserta didik mengalami peningkatan kemampuannya dalam menulis, hal tersebut dibuktikan dengan diberikannya latihan soal kepada peserta didik sebagai bahan uji dan tolak ukur. 

Dengan media ini diharapkan peserta didik tidak hanya belajar menulis di sekolah saja, melainkan juga dapat belajar secara mandiri di rumah, Linda juga menginginkan bahwa nantinya media ini dapat dikenal luas oleh masyarakat, terlebih di sekolah-sekolah lain tidak hanya SD N 02 Gebyog, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dokpri

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline