Lihat ke Halaman Asli

Iklan Ini Cuma Tayang Bulan Ramadhan, Kok Bisa?

Diperbarui: 27 Februari 2023   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tahukan sobat, saat menjelang bulan Ramadhan, produk sirup seperti produk Marj*n pasti akan mulai mengiklankan produknya di televisi. Iklan sirup ini memang sering muncul saat bulan Ramadhan, bahkan seperti suatu kebiasaan bahwa jika iklan tersebut sudah muncul di televisi maka menandakan bulan Ramadhan akan tiba atau telah tiba. Nah, kalian mungkin penasaran mengapa produk seperti sirup hanya mengiklankan produknya ketika bulan Ramadhan saja. Berikut penjelasannya.

Menurut dosen periklanan di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS) sekaligus praktisi iklan, Diah Kusumawati, hal tersebut sudah wajar di dunia periklanan. "Karena menjelang puasa, produsen ingin menanamkan kebutuhan akan sirup, untuk berbuka misalnya kan biasanya banyak hidangan khususnya minuman atau es yang pakai sirup," ujarnya.

Disini produsen memakai pendekatan flighting dalam mengiklankan produknya, di mana iklan hanya dimunculkan pada waktu tertentu saja. Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mengiklankan sirup karena pada saat itu keinginan konsumen terhadap sirup menjadi meningkat terhadap sirup sebagai minuman untuk berbuka puasa.

Biaya untuk mengiklankan produk di TV sangatlah mahal, sehingga dimunculkan pada waktu tertentu saja untuk mengurangi biaya promosi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline