Lihat ke Halaman Asli

Otak Kanan dan Otak Kiri (Bersanding tapi Tidak Bersatu)

Diperbarui: 14 Maret 2021   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kayrossconsulting.com

Bisa dibilang bahwa otak adalah pusat jalannya seluruh organ dalam tubuh manusia karena otak yang menjalankan semua jika saja otak tidak berfungsi maka manusia tidak akan bisa bekerja untuk kesehariannya, dalam artikel sebelumnya yang saya tulis sudah dijelaskan secara rinci tentang otak dan sekarang kita menuju pembahasan tentang otak kanan dan otak kiri. 

Otak kanan dan otak kiri memang bersebelahan tetapi mereka tidak bisa bersatu, mengapa? Karena fungsi mereka berbeda satu sama lain mereka hanya ditakdirkan bersebelahan bukan bersatu tetapi mereka memiliki tujuan yang sama yaitu menjalankan sistem kerja dalam otak kita.

Pada dasarnya otak kita iki memiliki 2 bagian yaitu otak kanan dan otak kiri mereka ada dalam satu otak tetapi hanya bisa bersebelahan tidak menjadi satu kesatuan yang bekerja secara bersama-sama, tetapi mereka bekerja saling melengkapi jika kita lebih dominan otak kanan maka banyak orang berkata kita akan mudah berkomunikasi jika diasah lebih baik maka kita dapat berbicara secara umum atau menjadi pembawa acara. Memang fungsi mereka berbeda tetapi tujuan mereka adalah satu yaitu menjalankan fungsi otak kita, semua ini sudah diatur oleh Allah SWT dan kita sebagai manusia tinggal menggunakanya dengan sebaik-baiknya, seperti dicontohkan dalam ayat Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 152 :

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku."

Sudah dijelaskan dalam ayat Al-Qur'an bahwa kita harus selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah seperti otak kita ini yang bisa bekerja dengan baik tanpa harus kita suruh, tanpa kita sadari didunia ini masih banyak yang tidak bisa memfungsikan otak lebih baik dari kita sendiri. Maka jagalah apapun yang kita miliki selagi masih ada pada diri kita.

Saraf pusat memiliki banyak bagian salah satunya adalah otak, otak juga memiliki 2 bagian yaitu otak kanan dan otak kiri mereka saling bekerja sama, saling bantu membantu tetapi beda fungsi. Kita akan membahas satu persatu mulai dari otak kanan,

1. Otak kanan

Otak kanan ini adalah bagian dari otak yang berproses untuk kreativitas dan berpikir tentang kesenian, otak kanan ini juga berfungsi dalam perkembangan EQ (Emotional Quotient) misalnya seperti, komunikasi antar manusia, sosialisasi, dan berinteraksi sesama manusia yang lain juga serta otak kanan juga memiliki fungsi pengendali emosi. 

Otak kanan tidak hanya mempunyai fungsi itu saja tetapi ada banyak lagi fungsi yang terdapat dalam otak kanan seperti, semua kegiatan yang berbau kreativ, yaitu menari, benyanyi, dan menggambar. 

Maka jika kita dapat menari dengan baik atau bahkan bisa menyanyi dan menggambar kita banyak menggunakan otak kanan. Saya sendiri juga merasakan bahwa saya juga banyak menggunakan otak kanan dibandingkan dengan otak kiri saya karena otak kiri mengarah pada hitung menghitung, kebanyakan manusia lebih sulit dalam cara hitung menghitung makanya manusia lebih banyak menggunakan otak kanan yang memiliki fungsi berkomunikasi dan yang lainnya.

2. Otak kiri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline