Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Teknik Mesin UPNVJT Menggelar Pengabdian Masyarakat: Pembelajaran Interaktif Roket Air dan Penyuluhan Kusta di MI Ma'arif Bebekan Sidoarjo

Diperbarui: 5 Januari 2024   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi pribadi 

Sebanyak 10 mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin UPN "Veteran" Jawa Timur menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di MI Ma'arif Bebekan Sidoarjo. Kegiatan ini difokuskan pada pembelajaran interaktif roket air. Kegiatan ini diikuti oleh 30 siswa. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman positif kepada peserta, sambil mendukung pendidikan di wilayah sekitar.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi di aula tentang alat dan bahan pembuatan roket, cara kerja roket, serta langkah-langkah peluncuran roket. Mahasiswa dengan antusias membagikan pengetahuan mereka kepada siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan mendidik. Pembagian hadiah berupa snack kepada siswa yang berani untuk menjawab dan maju untuk menjelaskan materi yang telah disampaikan.

Setelah sesi teori, acara dilanjutkan dengan eksperimen perlombaan peluncuran roket terjauh di lapangan terbuka. Sebanyak 30 siswa aktif berpartisipasi, dengan semangat kompetitif yang tinggi. Mahasiswa pendamping memberikan panduan dan membantu peserta agar mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah diterima.

Sumber : Dokumentasi pribadi 

Siswa diajak untuk meluncurkan roket air secara berkelompok untuk selanjutnya melakukan perlombaan peluncuran roket terjauh. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka tentang prinsip-prinsip fisika, tetapi juga melatih keterampilan kolaboratif dan kreativitas. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap minat siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penulis :

Linda Ziyadatul Faiza

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
https://www.upnjatim.ac.id/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline