Tidak Semua Tempat Dapat Ditanami Pohon yang Sama
Bermedia sosial sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Hanya dengan berada di depan monitor sudah dapat diperoleh berbagai informasi dan hiburan mulai dari berita terbaru, berbisnis hingga sekedar guyonan konyol.
Pengguna media sosial semakin dimudahkan dengan berbagai fitur menarik yang dihadirkan dan selalu diperbarui sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna. Oleh karena itu media sosial yang awalnya hanya sebagai media interaksi kini sudah digunakan untuk beragam tujuan.
Terdapat beragam platform media sosial yang dapat dipilih. Setiap platform memiliki keunggulan serta keunikan yang menyebabkan kecenderungan orang untuk memilih salah satu media sosial sebagai akun yang sering digunakan.
Dengan usia platform yang sudah cukup lama dan jumlah penggunanya yang banyak maka Facebook adalah patform yang paling mudah untuk mencari teman. Sering kali orang menemukan sahabat lama melalui Facebook. Instagram ialah platform pengunggah gambar dan video. Patform ini menonjolkan visual sebagai konten.
Tidak heran jika orang mengabadikan momen dengan fotografi terbaik di Instagram. Bisnis di platform Instagram pun sangat berkembang karena pelaku bisnis dapat menampilkan produk yang secara visual yang apik untuk menarik perhatian atau visually attractive. Twitter, media sosial berlogo burung ini cenderung lebih dialogis karena menonjolkan unsur teks sebagai komunikasi utama.
Tidak sulit untuk menemukan kicauan dan diskusi menarik ketika bermain Twitter. Selain itu Twitter dikenal sebagai media dengan informasi yang paling up to date. LinkedIn memang masih berada di bawah managemen Facebook dan Instagram, akan tetapi LinkedIn lebih menonjolkan pada portofolio akun pengguna seperti data pengalaman kerja, skill, dan koneksi. Konten yang umum dibagikan di platform ini berkaitan dengan dunia kerja, konten inspiratif dan motivasi.
Semua platform membuka akses yang sama kepada semua orang sehingga memungkinkan seorang individu memiliki akun di setiap platform dan menjadi pengguna aktif. Untuk mendapat berita terbaru mungkin lebih condong kepada Twitter, jika ingin berbelanja daring lebih senang melalui Instagram atau jika ingin menarik perhatian HR dan mencari koneksi kerja lebih mudah dilakukan melalui LinkedIn. Hal itu terkait dengan kultur platform yang dibentuk oleh para pengguna aktif serta dipengaruhi oleh fitur yang disediakan oleh platform.
Setiap platform memiliki kultur yang unik. Keunikan tersebut dapat dilihat dari istilah-istilah yang digunakan, topik yang biasa dibahas serta konten yang dibagikan. Jika Twitter dikenal sebagai warganya yang suka rebahan dan hal-hal receh, Instagram sering dikaitkan dengan pencitraan maksimal.
Di Facebook dan Twitter akan dengan mudah ditemukan cerita tentang keseharian misalnya terkena macet, putus dengan pacar, lupa sarapan, mendapat nilai jelek hingga bos yang menyebalkan. Sedangkan di platform lain hal demikian hampir tidak pernah terlihat.
Namun beberapa waktu terakhir sering dapat ditemukan beberapa orang mengeluh tentang perubahan suasana platform yang disebabkan oleh pendatang baru yang masih membawa kebiasaan lama dari platform lain.