Lihat ke Halaman Asli

Lina WH

Freelance

Fabel - Elang dan Murai [Bagian 4]

Diperbarui: 28 Desember 2018   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pixabay

Beberapa saat kemudian, Eshal datang dengan membawa daun jerami kering terbaik untuk membuat sarang Mona dan Moni. Mona menyambutnya dengan bersuka cita. Namun, Moni tetap murung sambil berusaha mendapatkan makanan saat menyaksikan keceriaan Mona dan Eshal.

"Mona tidak menuruti aku. Dan aku harus bersusah payah seperti ini untuk mencari makan sendiri," gumam Moni dengan pelan.

Tiba-tiba air mata mengalir di pipi Moni. Moni kesal, sedih dan marah terhadap Mona yang lebih memilih Eshal daripada Moni, saudara kembarnya.

Mona menyaksikan tangisan Moni dari kejauhan. Tetapi Mona pura-pura tidak mengetahuinya. Rasa iba di hati Mona memang ada, tetapi tidak akan mudah ditunjukkan kepada Moni supaya Moni tidak keras kepala.

"Mona, lihatlah! Moni menangis," kata Eshal pelan sambil berbisik kepada Mona.

"Biarkan saja, Eshal. Aku merasa iba. Tapi aku akan tetap mendiamkannya. Dan semoga Moni paham apa arti diamku," jawab Moni dengan santai.

Eshal dan Mona tetap menyelesaikan pembuatan sarang. Sengaja dibuat yang kokoh, kuat dan luas supaya Moni nyaman saat istirahat dan kakinya yang terluka bisa disandarkan dengan nyaman.

Suara isak tangis Moni semakin terdengar. Eshal dan Mona tetap melanjutkan pekerjaannya membuat sarang.

"Mona, kamu nakal! Kamu tidak peduli lagi kepadaku. Aku sakit! Kakiku belum sembuh, tetapi kamu tetap tidak membantuku hari ini. Kamu lebih memilih Eshal! Aku tidak suka itu!" Teriak Moni dalam tangisnya yang keras.

Burung-nurung kecil lainnya merasa terganggu. Lalu mereka melihat ke arah Moni, ingin tahu apa yang terjadi.

"Hei, anak murai. Kenapa kamu menangis keras. Itu sangat mengganggu," kata induk burung derkuku dengan suara yang lantang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline