Lihat ke Halaman Asli

Lina WH

Freelance

Fabel - Caltha [Bagian 1]

Diperbarui: 23 Desember 2018   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Ilustrasi : sustainablemolokai.org

Caltha sedang asyik bermain bersama adik-adiknya di dalam humus tanah teratas. Pagi ini matahari cerah dengan sinar yang hangat. Sangat enak di badan karena mengandung vitamin D.

Viena, Winnie, Xavier, Yigit dan Zain adalah nama-nama adik Caltha yang masih sangat bayi. Meraka harus terus didampingi dan dijaga setiap saat. Caltha yang bertugas mengasuh adik-adiknya, karena Ayah dan Ibunya harus bekerja keras mencari makanan buat mereka.

"Viena, Winnie, Xavier, Yigit, Zain! Kemarilah ini sudah terlalu lama kita berjemur. Terlalu lama itu tidak baik dan akan membuat kulit kita kepanasan," kata Caltha kepada adik-adiknya.

"Aku tidak mau!" Jawab Viena sambil bergelantungan di pangkal rumput yang tumbuh subur.

"Aku juga tidak mau. Lihatlah aku menemukan mainan baru. Ini sangat kenyal untuk kita tidur. Coba lihat, Caltha!" Zain pun menjawab sambil menunjukkan sesuatu yang ditemukannya.

Caltha lalu berjalan menuju ke arah Zain. Adik-adiknya yang lain pun mengikutinya. Dan betapa terkejutnya Caltha setelah tahu yang dimaksud Zain adalah larva Bibi Karen si kumbang yang bersarang di atas pohon trembesi.

"Zain, jangan! Itu larva kumbang anak Bibi Karen. Ayo turun! Dia pasti kesakitan," kata Caltha dengan keras, sambil membimbing Zain untuk turun dari tubuh larva kumbang yang masih bayi dan berbadan empuk tersebut.

"Tapi ini sangat enak untuk dinaiki," jawab Zain dengan senyum tipisnya.

"Aku mau coba naik!" Kata Xavier dan diikuti pula oleh yang lainnya.

Mereka lalu beramai-ramai hendak menaiki larva kumbang. Suara mereka sangat berisik. Caltha sangat kebingungan menghadapi tingkah adik-adiknya tersebut.

"Aku mohon hentikan!" Teriak Caltha dengan muka membiru karena panik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline