Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Sistem Pengendalian Manajemen pada Jago Coffee

Diperbarui: 6 Juni 2024   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENGERTIAN SISTEM PENGENDALIAN

Sistem Pengendalian Manajemen adalah rangkaian proses manajemen untuk memastikan tujuan organisasi atau Perusahaan tersebut tercapai dengan efisien dan efektif. Menurut William H. Newman dan Charles E. Summer, pengendalian manajemen sebagai suatu sistem yang melibatkan perencanaan strategis, perumusan tujuan, penyusunan anggaran, pengukuran kinerja, dan tindakan perbaikan. Sistem pengendalian manajemen ini tidak hanya penting bagi Perusahaan besar tetapi juga pelaku UMKM untuk pengembangan usahanya supaya terus berinovasi seperti Jago Coffee yang menginovasikan kopi kekeling menjadi konsep "a cafe on wheels" menggunakan EV (Electric Vehicle) yang lebih modern dan ramah lingkungan.

SEJARAH KOPI JAGO

Jago Coffee adalah inovasi dari starling atau 'Starbucks Keliling' yaitu kopi keliling yang didirikan pada tahun 2020 oleh Yoshua Tanu di tengah masa pandemi, upaya menciptakan sesuatu yang berbeda berusaha membawa versi yang lebih naik kelas. Untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan mengutamakan kualitas layanan dan kemampuan barista yang mereka sebut sebagai 'Jagoan'. 

Pada 2022, Jago Coffe melakukan Rebranding untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman pelanggan. Perubahan konsep dan desain sepeda gerobak listrik serta peluncuran aplikasi khusus Jago Coffee membawa kemudahan bagi pelanggan untuk memesan minuman mereka. Aplikasi ini memudahkan pelanggan untuk mengetahui jadwal dan lokasi kedai kopi keliling Jago Coffee serta menu yang ditawarkan.

Saat ini Jago Coffee baru berpusat di empat daerah terkenal di Jakarta Selatan yaitu Cipete, Pondok Pinang, Sudirman dan Karet Kuningan, tetapi tetap berpotensi untuk menjangkau lebih banyak area kedepannya.

VISI

To Revitalize Neighborhood Commerce By Modernizing Side Street Vendors

Merevitalisasi Perdagangan Lingkungan Dengan Modernisasi Pedagang Kaki Lima.

MISI

To Empower Micro-Entrepreneurs By Equipping Them With Re-Modernized Side Street Carts And Digital Tools So They Can Serve Great Products To Their Customers With Speed And Ease.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline