Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN-Tematik UNRAM Membuat Pupuk Kompos

Diperbarui: 16 Februari 2023   13:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Edukasi Pembuatan Kompos Ke Anak-anak SDN 1 Gili Indah/Dokpri

Mahasiswa KKN-TEMATIK UNRAM membuat pupuk kompos pada tanggal 7 Januari 2023 di Lapangan yang ada di SDN 1 Gili Indah, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utarat.

Kompos merupakan salah satu jenis pupuk organik yang sudah ada sejak lama di masyarakat. Pengertian kompos adalah bahan-bahan organik yang sudah mengalami proses pelapukan karena terjadi interaksi antara mikroorganisme atau bakteri pembusuk yang bekerja di dalam bahan organik tersebut.

Alat dan bahan dalam pembuatan pupuk kompos ini diantaranya yaitu ember, cangkul, pengaduk, kotoran/limbah peternakan, limbah dedaunan, tanah, air, dan yakult sebagai pengganti EM4 yang dimana berfungsi untuk mempercepat proses dekomposisi (pembusukan) bahan organik sehingga dapat menyuburkan tanaman.

Cara membuat pupuk kompos ini yaitu dengan mencampurkan semua bahan dan mengaduknya. Lalu didiamkan dalam ember atau karung selama satu minggu. Pupuk kompos yang sudah jadi nanti akan dibagikan kepada masyarakat yang mempunyai tanaman.

"Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat sekitar karena mengingat banyaknya limbah dedaunan yang ada di sekitar masyarakat dan banyaknya masyarakat yang mulai memanfaatkan lahannya untuk menanam jenis tanaman" ujar novi, mahasiswa KKN-TEMATIK UNRAM.

Kegiatan pembuatan pupuk kompos ini diharapkan dapat menjadi bahan alternative masyarakat untuk menanam tanaman karena mengingat bahan-bahan yang mudah dijumpai, lebih menghemat biaya dan mengurangi sampah atau limbah yang ada di sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline