Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Berbasis TPACK
Lokasi : SMAN 13 Kota Bekasi
Lingkup Pendidikan : Siswa SMA Kelas XI IPA
Tujuan : Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Berbasis TPACK
Penulis : Lina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Tanggal :
Pertemuan 1 : Selasa, 12 Desember 2022
Pertemuan 2 : Rabu, 13 Desember 2022
Membuat Best Practices dengan Metode STAR
SITUASI
Kondisi yang Menjadi Latar Belakang Masalah
- Matematika masih dianggap pelajaran sulit dan momok bagi peserta didik, ini terlihat dari motivasi dan hasil belajar matematika yang rendah.
- Keaktifan peserta didik yang kurang maksimal karena motivasi belajarnya rendah.
- Peserta didik kurang fokus dan kurang antusias dalam pelajaran (misalnya sering mengantuk, main hape dan aktivitas lainnya yang tidak berhubungan dengan pelajaran).
- Guru belum maksimal mengeksplor pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang berpusat pada peserta didik.
- Kurang menarik dan variatifnya media pembelajaran yang digunakan, sehingga peserta didik kadang merasa jenuh dan tidak termotivasi dalam pembelajaraN.