Lihat ke Halaman Asli

Hijab “ Antara Trend Mode Atau Kewajiban Wanita Muslim”

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Jilbab atau kerudung merupakan busana yang wajib digunakan oleh umat muslim untuk menutupi  kepala dan dada. Pada saat ini jilbab lebih populer disebut hijab. Hijab pada dasarnya merupakan suatu perintah Allah SWT kepada umatnya yang beragama islam khususnya kaum wanita. Dan dengan berhijab wanita-wanita muslim dapat menutup auratnya serta melindungi tubuhnya dari ancaman-ancaman yang datang dari luar. Dan ini termuat dalam Al Qur’an surah An-Nur ayat 31 yang artinya:

“(Wahai Rasulullah) Dan katakanlah kepada kaum wanita yang beriman agar mereka menahan pandangan mereka dan menjaga kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali sesuatu yang (biasa) tampak darinya. Hendaknya mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka (sehingga dada mereka tertutupi), janganlah menampakkan perhiasan mereka kecuali untuk suami-suami mereka, atau ayah dari suami-suami mereka atau putra-putra mereka, atau anak laki-laki dari suami-suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, anak laki-laki dari saudara-saudara laki-laki mereka, atau anak laki-laki dari saudara-saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita mereka atau budak-budak mereka atau laki-laki (pembantu di rumah) yang tidak memiliki syahwat atau anak kecil yang tidak paham terhadap aurat wanita. Dan janganlah kalian mengeraskan langkah kaki kalian sehingga diketahui perhiasan yang tertutupi (gelang kaki). Wahai orang-orang yang beriman bertaubatlah kalian semua kepada Allah swt supaya kalian termasuk orang-orang yang beruntung”.

Selain itu surah Ahzab ayat 59 yang artinya :

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu dan anak-anak perempuanmu dan kepada wanita-wanita mukmin agar mereka mendekatkan diri kepada mereka dengan jilbab mereka supaya mereka mudah dikenal dan supaya mereka tidak diganggu maka sesungguhnya Allah Maha mengampuni dan Maha Penyayang”.

Pada saat ini, pemakaian hijab selalu berkembang dari masa ke masa sesuai dengan perkembangan fashion. Dengan perkembangan tersebut, kita melihat banyak trend mode berhijab diberbagai kalangan, baik itu dari kalangan masyarakat umum, kalangan artis, dan bahkan kalangan pelajar terutama para mahasiswi-mahasiswi. Dalam pemakaian hijab sendiri sudah banyak kreasi-kreasi unik yang ditampilkan oleh para hijaber. Ada yang hanya menggunakan jarum pentul saja dan  bahkan ada juga yang tidak menggunakannya.

Banyak wanita-wanita muslim saat ini menggunakan hijab tetapi masih menunjukkan lekuk tubuhnya dengan memakai pakaian yang ketat, jilbab transparan sehingga bagian dada terlihat dan memakai celana jeans yang apabila duduk akan terlihat bagian belakangnya. Hal ini, menunjukan bahwa pemakaian hijab dikalangan wanita muslim saat ini jauh dari ketepatan syar’i. Meskipun demikian, banyak dari wanita-wanita muslim saat ini menggunakan hijab. Dan ini masih dipertanyakan pemakaiannya, apakah wanita muslim saat ini memakai hijab atas dasar niat dari hati dan merupakan kewajibannya sebagai umat muslim atau hanya mengikuti trend mode berhijab  saja ?

Menurut Ovitra Astiana seorang wanita hijab dari Universitas Mataram. Dia mengatakan bahwa alasannya berhijab adalah untuk menutupi auratnya dan tidak ada gunanya seorang muslim mengerjakan sholat apabila tidak menutup auratnya. Dan mengenai hijab mengikuti trend mode menurutnya itu tidak berpengaruh mungkin dengan berhijab hati dan perilakun seseorang akan mengikutinya yang walaupun dengan niat yang tidak ikhlas untuk pertama tidak apa-apa, seiring berjalannya waktu mungkin pintu hatinya akan terbuka tentang pentingnya menutup aurat.

Hal senada juga dikatakan oleh Rika Ratnasari bahwa alasannya berhijab yaitu untuk memenuhi kewajibannya sebagai seorang muslimah dimana kewajiban itu salah satunya adalah menutup aurat dan insya allah berhijab secara syar’i.dan juga sebagai salah satu bentuk ibadah juga agar terhindar dari segala macam fitnah terutama dari lawan jenis. Sedangkan mengenai trend berhijab pada masa kini, menurutnya banyak yang mengikuti trend dan hanya sekedar mengikuti teman saja

Ternyata kebanyakan wanita muslim memakai hijab karena memang suatu ibadah dimana sudah menjadi kewajiban umat muslim khususnya wanita untuk menutupi auratnya agar terhindar dari ancaman yang datang dari luar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline