Lihat ke Halaman Asli

Press Release: Mahasiswa Kampus Mengajar 7 Selenggarakan Perkemahan Jumat-Sabtu Bertajuk Literasi dan Numerasi

Diperbarui: 16 Juni 2024   15:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Sukoharjo, 16 Juni 2024- Mahasiswa program Kampus Mengajar 7 menyelenggarakan sebuah perkemahan memperingati hari pendidikan nasional dengan konsep pramuka dan bertajuk Literasi dan Numerasi di SD Negeri Mertan 01, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. 

Terdiri atas 2 mahasiswa Universitas Sebelas Maret, 2 mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, dan satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berinisiatif menggelar kegiatan ini. Didukung penuh oleh para guru, wali murid, dan antusias siswa menjadikan acara ini dapat berjalan lancar.

Kegiatan ini dikatakan menarik karena terkonsep kepramukaan tetapi terdapat tambahan tema kegiatan literasi dan numerasi. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari pertama Jumat, 3 Mei 2024 dengan inti acara upacara pembukaan, sesi materi yang diisi dengan materi kepramukaan, dilanjutkan kegiatan mencari jejak, upacara api unggun, dan ditutup dengan pentas seni. 

Yang menarik adalah pada kegiatan mencari jejak, siswa dibagi kelompok kategori kelas kecil (kelas 1-3) dan kelas besar (4-6) kemudian mereka diminta untuk mencari pos dan disetiap posnya terdapat kegiatan menarik seperti lomba susun kata, sandi morse, TTS Numerasi, tebak rempah, halang rintang, dan estafet bola. 

Setelah kegiatan mencari jejak adalah kegiatan upacara api unggun yang berlangsung hikmat, setelah itu dilanjutkan kegiatan penampilan pentas seni antar regu. Siswa menampilkan kemampuannya berupa tarian, modern dance, dan bernyanyi. Setelah itu siswa beristirahat. Dilanjut dengan Sabtu, 4 Mei 2024 dengan agenda sholat Subuh berjamaah dan khotbah pagi. Setelah itu senam bersama, upacara penutupan, serta pembagian hadiah.

Serangkaian acara perkemahan ini berjalan lancar. Kegiatan tersebut tentunya dapat menumbuhkan rasa percaya diri, mandiri, bertanggung jawab pada pribadi siswa. Selain itu juga menambah wawasan siswa mengenai literasi, numerasi, dan kepramukaan. Kegiatan dirasa tidak membosankan karena dikemas menarik dan banyak game.

Penulis: Lina Juliasari




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline