Lihat ke Halaman Asli

Lina Listiana

Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Dampak Algoritma Media Sosial terhadap Penyebaran Informasi

Diperbarui: 17 Januari 2025   15:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber photo : pinterest

Di era digital yang semakin terhubung, media sosial telah menjadi aktivitas dari kehidupan sehari -- hari kita. Seperti facebook, twitter, Instagram, dan tiktok tidak hanya mengubah kita dalam berinteraksi, tetapi cara kita menyebarkan dan mendapatkan sebuah informasi. Di balik tampilan yang menarik dan kemudahan dalam menggunakan platform ini, terdapat mekanisme kompleks yang mengatur konten yang kita lihat : algoritma media sosial.

Algoritma media sosial adalah serangkaian aturan dan perhitungan matematis yang menentukan konten apa yang muncul di beranda pengguna, algoritma ini memiliki kekuatan besar dalam membentuk lanskap informasi digital . namun, dampaknya terhadap penyebaran informasi jauh lebih luas dan berbahaya tanpa kita sadari perlu di olah dengan baik oleh pengguna.

Mekanisme Kerja Algoritma Media Sosial :

1. Personalisasi Konten

Algoritma menganalisis perilaku pengguna, seperti like, komentar, dan waktu yang dihabiskan pada jenis konten tertentu, untuk menyajikan konten yang dianggap paling relevan dan menarik bagi pengguna.

2. Tranding Topik

Algoritma mengidentifikasi dan mempromosikan topik yang sedang popular atau viral.

3. Viral Content Boosting

Konten yang mendapatkan engagement tinggi dalam waktu singkat akan diprioritaskan dan disebarkan lebih luas oleh algoritma.

Dampak Positif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline