Lihat ke Halaman Asli

10 Tips Desain Grafis untuk Meningkatkan Konversi Toko Online

Diperbarui: 31 Mei 2017   11:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Picture from pixabay. Free for commercial use

Website dengan desain grafis yang sempurna sudah pasti akan sangat membantu anda dalam menarik pembeli dan meningkatkan penjualan. Malahan, desain website yang baik merupakan salah satu kunci utama untuk mendapatkan pembeli. Website E-commerce, atau toko online diciptakan untuk membantu pembeli sehingga mereka bisa menikmati pengalaman berbelanja online yang menyenangkan, dan juga didesain untuk meningkatkan tingkat konversi (merubah pengunjung menjadi pembeli). 

Dengan website yang memiliki aspek desain grafis yang baik dan fitur-fitur yang lengkap, anda bisa dengan mudah mengubah pengunjung menjadi pembeli.

Desain grafis yang baik adalah desain yang seimbang di setiap aspeknya. Terkadang, beberapa website terlalu "berseni" dengan desain grafis mereka. Beberapa dari mereka menggunakan terlalu banyak animasi flash yang melambatkan waktu "loading" sehingga mengganggu pengalaman berbelanja pembeli, atau salah didalam pemilihan warna.

Ada juga banyak kasus dimana desainer website terlalu fokus ke aspek desain grafis dan melupakan kegunaan serta fungsi-fungsi website. Website tersebut mungkin terlihat cantik dipandang, tetapi bisa menjadi mimpi buruk bagi pembeli yang tidak bisa menemukan cara untuk membayar belanjaan mereka karena sistem navigasi yang buruk. Tentu saja, anda tidak akan menemui hal seperti itu bila anda memilih untuk menggunakan Limecommerce sebagai toko online anda. 

Berikut ini ada beberapa tips desain grafis yang bisa anda terapkan di website atau toko online anda supaya anda bisa meningkatkan tingkat konversi website anda :

1. Ikon yang lebih besar

Gambar produk dan ikon yang lebih besar dan jernih sangat membantu pembeli untuk melihat detail produk yang ditawarkan. Hal ini juga dapat membantu untuk meningkatkan tingkat konversi website anda. Anda juga bisa menggunakan fitur zoom-in untuk gambar produk anda.

Selain gambar beresolusi tinggi, video juga bisa menjadi sarana yang efektif untuk menunjukkan produk anda.

2. Pastikan pembeli / pengunjung bisa dengan mudah menemukan keranjang belanja di website anda

Ketika pembeli memasukkan produk ke keranjang, mereka ingin memastikan apakah produknya sudah benar-benar masuk atau belum. Karena itulah, anda harus menempatkan keranjang belanja di tempat yang dapat terlihat dengan mudah oleh pembeli. Ketika pembeli mengklik ikon keranjang, mereka bisa melihat daftar produk dan harga produk yang sudah mereka masukkan kedalamnya.

Menampilkan isian keranjang bukan hanya dapat menenangkan hati pembeli, tetapi juga dapat mempermudah transisi dari proses belanja ke proses pembayaran. Tidak perduli pembeli berasal dari halaman yang mana, mereka dapat dengan mudah mengakses halaman pembayaran hanya dengan sekali klik di keranjang mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline