Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Daun Singkong

Diperbarui: 24 Juni 2015   11:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Semua orang Indonesia pasti sudah tahu yang namanya tanaman singkong ,tanaman yang merakyat . Tanaman yang sangat mudah dijumpai dan ditanam. Hanya dengan menyetek dari batangnya yang sudah tua kemudian langsung ditanam,mudahkan :).


Tanaman yang berasal dari Amerika tropis ini memiliki nama latin Manihot Esculenta yang pada jaman dahulu dijadikan makanan pokok rakyat sebelum ditemukannya budidaya tanaman padi,jagung maupun gandum. Dan bukan hanya umbinya saya yang bisa kita konsumsi,tetapi daun nya juga memiliki citarasa khas( daun singkong adalah makanan favorit keluarga saya). Bisa dijadikan lalapan maupun digulai,dan rasanya bener-bener mak nyus tenan ^_^


Taukah anda,ternyata daun singkong ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B,vitamin C,kalsium,fosfor,hidrat arang,lemak,protein dan zat besi. Dan juga memiliki khasiat yang bermacam-macam lho...

Seperti;

>> bisa mengatasi rematik,pemakaiannya bisa dari luar maupun dalam,tentunya dengan ditambah jahe dan kapur sirih.


>> bisa mengobati diare, caranya ambil daun singkong muda,rebus dengan 900cc air. Rebuslah sampai jumlah air berkurang separuhnya. Biarkan dingin,dan minum 2 kali sehari.


>> mengobati sakit kepala, caranya tumbuk halus daun singkong kemudian kompreskan pada kepala yang sakit.


>> Ini yang mengagumkan, ternyata disamping mudah di tanam dan di konsumsi ,daun singkong ini dapat juga mencerdaskan otak. Koq bisa sih?. Iya, Asam Amino yang terkandung di daun singkong inilah yang menjadi alasannya.


Jadi,mari kita giat menanam singkong, selain ekonomis dan mudah diolah,kita juga bisa menjaga tubuh kita dari serangan penyakit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline