Lihat ke Halaman Asli

Warnai Hidup dengan Belajar dan bersyukur

Diperbarui: 11 November 2023   05:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Alhamdulillah, hari ini diberikan kesempatan untuk kembali berkarya, menorehkan jejak kebaikan untuk kehidupan yang lebih baik dalam kitab amal kita.

Catatan amal yang super lengkap dan tidak akan pernah ada yang terlewat meskipun amal sebutir debu,

Kehidupan membawa banyak tantangan. Tantangan yang silih berganti menyapa, kebahagiaan dan kesedihan, keberhasilan secara langsung dan keberhasilan yang tertunda. Semuanya silih berganti layaknya kedatangan siang dan malam yang selalu menyapa.

Oleh karena itu, kesiapan diri perlu dipersiapkan untuk menghadapi tantangan di masa depan yang tidak pernah bisa kita bayangkan. 

Zaman akan terus berubah. Satu zaman tidak akan sama dengan zaman sebelum dan sesudahnya. Uniknya setiap orang dalam zaman tersebut bisa menghadapi zamannya masing.

Allah tidak akan memberikan tantangan kepada orang-orang yang tidak bisa menghadapinya, semuanya diberikan kemampuan yang cukup.

Beragam hal bisa diikhtiarkan agar kehidupan bisa terus lebih baik dari waktu ke waktu.

Selain itu, belajar dan bersyukur merupakan dua hal yang bisa dilakukan agar kehidupan bisa meraih keberkahan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Belajar, sejatinya merupakan kewajiban manusia. Ayat yang pertama turun adalah surat al alaq yang ayat pertamanya adalah iqro, perintah membaca.

Iqro dalam arti luas bukan hanya membaca teks namun juga membaca konteks. Tak sebatas itu sebenarnya, namun sampai pada menelaah, menganalisis dan mencari solusi, kalau zaman sekarang kita menggunakan kata literasi.

Tugas belajar itu sepanjang hayat, dari buaian ibu sampai ke liang lahat. Hal ini berarti mencari ilmu itu sepanjang waktu kehidupan manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline