Lihat ke Halaman Asli

Perlunya Merawat Diri dan Lingkungan untuk Generasi Masa Depan

Diperbarui: 2 November 2023   06:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kehidupan tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri. Dalam kehidupan kita membutuhkan orang lain dan lingkungan. Hubungan dengan lingkungan pasti butuh timbal balik.

Selain keteraturan urusan dan kepentingan pribadi kita juga butuh keteraturan dalam lingkungan. Salah satu poin keteraturan itu adalah kebersihan.

Lingkungan yang bersih, selain membawa kesehatan yang baik sebagai sebuah kebutuhan juga pasti akan membawa keindahan. Kebersihan merupakan budaya yang harus terus dijaga.

Semua orang pasti suka lingkungan yang bersih, rapi, teratur dan pasti indah. Poin ini harus dijaga bersama, apalagi kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Beberapa aspek kebersihan harus berpadu menjadi satu dan saling terkait. Beberapa hal tersebut adalah:

1. Menjaga kebersihan badan. Lingkungan yang bersih berasal dari individu - individu yang bersih. Maka dengan menjaga kebersihan badan akan tercipta kesehatan lingkungan, bebas dari kuman, bebas dari bau. Banyak hal berkaitan dengan kebersihan badan misal mandi, berwudhu, cuci tangan, dll.

2. Merawat diri dan penampilan. Penampilan yang baik selain dari kebersihan badan dengan mandi, gosok gigi dan kebersihan yang paripurna dari seluruh anggota badan juga perlu kerapian diri misal kerapian rambut dan pakaian.

3. Menjaga kebersihan pakaian. Badan sudah bersih, pakaian juga harus bersih dengan mengganti baju setiap hari atau ketika sudah kotor. Pakaian yang baik adalah pakaian yang menutupi seluruh aurat baik laki-laki maupun perempuan.

4. Menjaga kebersihan tempat tinggal. Selain kebersihan diri, kebersihan tempat tinggal juga perlu dijaga untuk kenyamanan aktivitas sehari-hari, badan sehat berawal dari rumah yang sehat.

 Apalagi jika rumah digunakan untuk beragam kebaikan yang bermanfaat untuk penghuni dan lingkungan sekitar.

5. Menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan yang sehat dan bersih dihasilkan dari manusia manusi yang bertanggung jawab. Keseimbangan alam perlu dijaga dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline