Lihat ke Halaman Asli

Lilis Nur Mukhlisoh

Content Writer

Suka Terapkan Prinsip "Belum Lima Menit" ke Makanan yang Jatuh?

Diperbarui: 7 Juni 2024   19:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dua perempuan sedang makan (dok. Adrienn/Pexels)

Kawan-kawan sekalian, pernahkah melakukan prinsip "belum lima menit" ke makanan yang telah jatuh? Aturan ini sering kali jadi alasan untuk tetap memakan makanan yang telah jatuh, dengan anggapan bahwa selama belum lima menit, makanan masih aman dari kuman. 

Meskipun terkesan sepele karena makanan hanya jatuh sebentar dan dianggap tidak berbahaya, namun, benarkah makanan yang jatuh selama kurang dari lima menit masih aman dan layak untuk dimakan?

Dilansir dari Tribunnews, menurut Anggota Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr Moretta Damayanti, Sp.A(K), M.Kes, makanan yang jatuh meskipun kurang dari lima menit dianggap tak layak lagi untuk dimakan. Hal ini disebabkan bakteri atau kuman akan tetap menempel ke makanan yang jatuh. 

Dirinya juga menyatakan bahwa dalam sebuah penelitian, perpindahan bakteri atau kuman ke makanan yang jatuh hanya perlu lima detik saja. Penelitian itu dilakukan pada tiga jenis permukaan lantai, yaitu kayu, karpet, dan keramik.

Bakteri yang umum ditemukan di lantai, seperti Salmonella, dapat menyebabkan penyakit jika tertelan. Salmonella sendiri merupakan sekelompok bakteri yang kerap menyebabkan infeksi pencernaan dan dapat menimbulkan gejala diare, sakit perut, hingga demam.

Walaupun aturan "belum lima menit" mungkin sudah mendarah daging dalam kebiasaan sehari-hari, penelitan telah menunjukkan bahwa kuman bisa menempel pada makanan seketika setelah jatuh. 

Meski tubuh kita memiliki sistem kekebalan yang cukup kuat, mengonsumsi makanan yang terkontaminasi tetap berisiko, terutama bagi anak-anak, orang tua, dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Jadi, selalu gunakan akal sehat dan bijaklah dalam memutuskan apakah makanan yang jatuh masih layak dimakan atau lebih baik dibuang. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline