Lihat ke Halaman Asli

Lilis Mastul

Guru SD, yang ceria, semangat dan kekinian

Kring... Kring, Hallo Apa Kabar Telepon Umum Koin

Diperbarui: 7 Maret 2022   09:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto dokpri lilimastul/telp umum koin yang terabaikan 

Diera 90 an siapa yang tidak kenal dengan telphon umum koin,  fasilitas komunikasi lokal ini sangat populer saat itu. telphon umum koin pernah menjadi primadona dan andalan untuk berkomunikasi. telphon umum koin ini biasanya terletak ditempat-tempat yang strategis atau dipinggir jalan. 

Ada waktu-waktu tertentu dimana penggunanya harus rela menunggu lama, karena banyak penggunanya yang antri untuk menggunakannya, terutama pada hari sabtu atau minggu, atau hari libur. banyak muda mudi rela menunggu lama untuk dapat giliran bertelphon. 

Seperti namanya telphon umum koin, yang digunakan adalah uang koin. kita memasukan uang koin kedalam lubang yang tersedia kemudian menekan tombol nomer telphon yang kita tuju,dan halloo.... semua yang antri harus rela menunggu sampai sipenelphon selesai melakukan komunikasinya. 

Tidak jarang yang menunggu bisa mendengarkan apa yang sedang dibicarakan oleh sipenelphon, tapi pura-pura tidak menyimak. bahkan ada yang iseng dengan melubangi koin dan menariknya kembali sehingga bisa berkomunikasi dalam waktu yang lama tetapi dengan menggunakan koin itu saja. hadeuh... selalu saja ada yang kratif tetapi kreatif yang kurang baik. 

Seiring kemajuan tekhnologi dan pesatnya perkembangan IT, telphon umum koin mulai ditinggalkan, perlahan dan pasti bahkan sudah terabaikan. masyarakat telah beralih pada telephon seluler yang lebih menunjang mobilitas dan sangat simpel, serta memiliki berbagai aplikasi yang mempermudah dan memanjakan penggunanya.

Kini telphon umum koin teronggok tak berguna, banyak kondisinya yang sudah rusak parah dan sudah tidak bisa digunakan sama sekali, belum lagi tangan-tangan jahil yang mencorat-coret, melepas gagang telphon, bahkan menjadikannya tempat penyimpanan barang rongsokan. 

Padahal kalo saja mau bersama-sama kreatif menjadkannya lebih menarik, menjadikannya tempat berswafoto yang instagramable seperti yang saat ini sedang digandrungi, mungkin jadi lebih bermanfaat. bisa jadi di telephon umum koin ini  memiliki kenangan atau  bahkan hal yang tidak akan dilupakan. 

Telphon umum koin pernah menjadi bagian dari sistem komunikasi yang digunakan masyarakat, walaupun kini sudah ditinggalkan tetapi telphon umum koin  telah mewarnai dan menjadi salah satu fasilitas komunikasi yang menjadi primadona dizamannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline