Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Desa Indapatra Kembali ke Kampus Setelah Menyelesaikan Pengabdian yang Mengesankan

Diperbarui: 1 September 2024   22:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1.1 Penarikan Mahasiwa KKN Desa Indapatra/dokpri

Setelah 45 hari melakukan pengabdian di Desa Indapatra, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UM Kuningan resmi kembali ke kampus dengan penuh pengalaman dan kesan mendalam. Penarikan mahasiswa ini menandai akhir dari serangkaian kegiatan yang telah memberikan dampak signifikan bagi masyarakat desa, khususnya dalam hal pendidikan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu, 28 Agustus 2024. Bertempat di Gedung Serbaguna desa Indapatra pada pukul 09.00 WIB dengan dihadiri oleh mahasiswa KKN, dosen pembimbing lapangan, pemerintahan desa Indapatra, serta masyarakat.

Dalam rangkaian acara penarikan, terdapat beberapa kegiatan diantaranya penampilan bakat yang luar biasa dari para siswa SDN Indapatra, penayangan video dokumenter selama melaksanakan KKN 45 hari di Desa Indapatra, serta salam perpisahan kepada seluruh masyarakat Indapatra. Suasana haru menyelimuti momen perpisahan ini, terutama ketika para siswa menyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingan dan kebersamaan selama masa KKN.

Fajar Sukma Nur Alam M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan menyampaikan ucapan terima kasih, serta harapannya "Terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat desa Indapatra yang telah mendukung rangkaian kegiatan KKN dari awal sampai akhir, dan saya berharap apa yang sudah mahasiswa KKN lakukan di desa Indapatra ini dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat. Tak lupa juga mewakili lembaga kampus serta mahasiswa KKN izin meminta maaf kepada semua pihak jika selama 45 hari ini ada tutur kata dan tindakan yang kurang berkenan dari kami.” Ujarnya.

Pada kegiatan tersebut Dedi Suwardi selaku kepala desa Indapatra menyampaikan apresiasi terhadap keberhasilan mahasiswa KKN. "Pertama saya ucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN dan sangat mengapresiasi terhadap keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Semoga apa yang kalian dapatkan di sini bisa dijadikan pelajaran dan hal baik diterapkan di desanya masing-masing" ujarnya.

Dengan selesainya masa KKN, mahasiswa kembali ke kampus Universitas Muhammadiyah Kuningan dengan membawa pulang kenangan indah dan pengalaman berharga. Pengabdian yang telah mereka lakukan bukan hanya memberi manfaat langsung bagi masyarakat, tetapi juga memperkaya pengalaman mereka dalam bidang akademik dan sosial. Mahasiswa KKN Desa Indapatra berharap bahwa apa yang telah mereka lakukan selama KKN di Desa Indapatra bisa memberikan dampak positif yang berkelanjutan dan langkah awal menuju perubahan yang lebih besar dalam pengembangan desa dan peningkatan pendidikan masyarakat setempat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline