Lihat ke Halaman Asli

lilis herawati

guru ( Literasi ilmu dan menambah persahabatan)

Ekskul KIR (Karya Ilmiah Remaja) SMAN 3 Ketapang Perkenalkan Siswa pada Dunia Penelitian

Diperbarui: 12 Mei 2023   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ekstrakurikuler adalah bagian yang sangat penting untuk diikuti bagi seorang siswa, tujuannya adalah  agar siswa tersebut  dapat berproses menjadi lebih matang dalam mengaplikasikan keilmuan yang sedang dipelajarinya.  Setiap kegiatan yang diikuti dalam program ekskul tersebut akan menambah pemahaman, minat dan membangun kemampuan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari atau pun ketika ada suatu moment yang diperlukan.

Ekskul KIR (Karya Ilmiah Remaja) SMAN 3 Ketapang  fokus memperkenalkan siswa pada dunia penelitian dengan mempelajari  langkah-langkah pembuatan suatu penelitian yang akan dilakukan. Siswa sudah diperkenalkan dengan beberapa alat untuk menunjang kemampuan mereka ketika akan melakukan penelitian, contohnya alat pendeteksi kebisingan suara, alat pendeteksi kadar garam, alat pendeteksi kadar oksigen dalam air dan alat-alat laboratorium yang kemungkinan akan mereka pergunakan jika melakukan penelitian secara eksperimen. Tidak lupa mereka pun diperkenalkan dengan penelitian kualitatif berupa fenomena sosial yang sedang marak terjadi di dunia ini, juga jejak masa lalu berupa penelitian sejarah.

Para siswa sangat senang ketika diajak ke alam terbuka untuk mengaplikasikan penggunaan alat-alat penelitian, mereka sangat menikmati ekskul ini,  karena pada bagian materi ini siswa diajak untuk berwisata ke pantai sekaligus mencoba alat-alat tersebut. Selain itu mereka juga berkunjung ke beberapa tempat sejarah yang ada di kota kami,  tidak lupa setelah berkunjung mereka diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan pengalamannya tentang tempat bersejarah tersebut.

Untuk tagihan akhir, siswa diwajibkan membuat proposal penelitian yang dikumpulkan di akhir semester, banyak pertanyaan yang mereka sampaikan dalam proses pembuatannya, namun Alhamdulillah meskipun belum seratus persen memuaskan minimal ada pengalaman untuk mereka dalam pembuatan proposal tersebut.

Hal yang paling ditekankan kepada peserta ekskul ini adalah bahwa kemampuan membuat suatu penelitian dan menyajikannya berupa karya tulis bukan sekedar agar mudah lulus kuliah dan menjadi sarjana, namun harus lebih dari tujuan tersebut  yaitu memberi manfaat kepada orang lain dan membantu sesama dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Kebahagiaanku sebagai salah satu pembina ekskul ini   bertambah  ketika kedatangan  alumni yang sebelumnya mengikuti ekskul ini, mengatakan ucapan terima kasihnya kepada kami karena telah mengajarkan materi yang memudahkannya dalam membuat tugas kuliah maupun tugas akhir berupa skripsi.

Terima kasih sudah membaca....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline