Lihat ke Halaman Asli

Lilis Ernawati

NIM 22107030011 UIN SUNAN KALIJAGA

Bedah Buku "Religiusitas dari Layar Kaca " : Potret Program Siaran Di Televisi Indonesia

Diperbarui: 12 Juni 2023   16:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar: dokumen pribadi 

Pada hari Senin, tanggal 12 Juni 2023, diadakanlah seminar bedah buku yang berjudul "Religiusitas dari Layar Kaca" di Conference Room Lt.1 and Fakultas ilmu sosial dan humaniora UIN Sunan Kalijaga. Acara ini diselenggarakan sebagai wadah diskusi mengenai potret program siaran televisi di Indonesia yang berkaitan dengan isu religiusitas.

Seminar ini dihadiri oleh ketua KPI pusat, sejumlah pakar agama, praktisi media, akademisi, serta masyarakat umum yang peduli akan isu-isu keagamaan di media televisi. Acara ini bertujuan untuk membahas dampak program siaran televisi terhadap pandangan dan praktik keagamaan di tengah masyarakat serta memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai peran media televisi dalam menyebarkan pesan-pesan keagamaan.

Sumber: pamflet dari uin sunan kalijaga

Sambutan dari bapak Ubaidilah (Ketua KPI Pusat) yang sangat luar biasa , selanjutnya Sambutan oleh: bapak Dr. Mochammad Sodik, M.Si. (Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga) sekaligus untuk membuka acara pada hari ini.

Sumber: dokumen pribadi 

Narasumber:
*Alip Kunandar, M.Si (Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga (Penulis Buku)
 Pembahas:
*Rendra Widyatama S.I.P., M.Si., Ph.D. (Dosen Universitas Ahmad Dahlan)
*Amin Shabana (Komisioner KPI Pusat)
*Dr. Waryani Fajar Riyanto, M.Ag. (Dosen UIN Sunan Kalijaga)
*Krysna Yudy Nusantari, M.Psi., Psikolog. (Dosen Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga)

  Buku "Religiusitas dari Layar Kaca" yang menjadi fokus utama seminar ini ditulis oleh Pak alif konandar M. Si , Pak Harmonis, ph.d dan Pak Dr.Bono setyo , seorang pakar komunikasi dan media. Buku ini menggambarkan fenomena program siaran televisi di Indonesia yang mengangkat isu keagamaan, baik dalam bentuk talk show, acara religi, maupun sinetron bertema agama. Di buku ini membahas bagaimana program-program religiusitas ini mempengaruhi persepsi dan pemahaman masyarakat terhadap agama serta mencermati apakah pesan-pesan keagamaan yang disampaikan di televisi sesuai dengan nilai-nilai religius yang seharusnya dijunjung tinggi.

Dalam seminar ini, pak alip kunandar mewakili para penulis memaparkan hasil penelitiannya dan memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana proses buku ini terjadi dan program-program televisi yang berkaitan dengan religiusitas dapat mempengaruhi pemirsa dan tentang potret, karena dari survei survei dari KPI program teliti ini hal yang paling tinggi pembahasan nya.  Dia juga membahas tentang peran penting media televisi dalam membangun pemahaman yang benar mengenai agama dan menjaga keberagaman serta harmoni antarumat beragama. Masuk pada potret nya apasih yang kita potret dari program televisi ? 

  Saat ini hampir semua stasiun televisi terutama yang bersiaran nasional memiliki program Religi. Perkembangan program religi sebelum nya program ini hanya dipandang sebagai tuntutan sosial dipandang segmen yang memiliki pasar.  Ketika di lakukan riset kualtitas program religi hasil nya yang paling baik dibanding kan program program lain nya .tapi apakah betul tidak ada pemasalah ketika indeks program tersebut yang paling baik tetapi ternyata ada sisi ekses komodifikasi  ternyata yang mengkhawatirkan yaitu dari komodifikasi agama, komodifikasi tokoh agama dan komidifikasi khalayak. 

1.komodifikasi agama : ajaran agama adalah konten,  dipilih mana yang kira kira disukai khalayak cenderung dangkal, isu populer, rumah tangga.  Mengutamakan hiburan ketimbang pendalaman 

2. Komidifikasi tokoh agama : 

-Tokoh agama adalah bintang, bukan yang paling paham,  tapi siapa yang paling populer. 

 -Rumus populer : cantik tampan,  menarik, lucu,  atraktif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline