Lihat ke Halaman Asli

lilis avilla

suka belajar dan berbagi dengan sesama

Pelatihan Membuat Eco Enzyme untuk Melestarikan Bumi di lingkungan Taman Aloha

Diperbarui: 6 Desember 2022   19:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Genangan air walaupun sesaat akan sangat mengganggu aktifitas masyarakat. Selain itu potensi kerusakan lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat juga mengancam warga perkotaan. 

Keadaan saluran air yang kurang mendukung dan sampah menambah masalah terhadap genangan air di saluran yang kotor dan berbau, yang harus segera ditangani dengan tepat dan bijaksana. Sampah adalah sisa buangan dari suatu kegiatan atau barang yang sudah tidak digunakan lagi. Sampah organik adalah sampah yang ramah lingkungan dan bisa diolah kembali menjadi suatu yang bermanfaat.

Perumahan Taman Aloha terletak di desa Suko Sukodono Sidoarjo, warga yang tinggal banyak yang memanfaatkan air tanah sebagai sumber mata air selain air yang disediakan oleh Perusahan Daerah Air Minum (PDAM). Namun kualitas air tanah yang ada tidak memenuhi standart sebagai air untuk keperluan sehari hari, terutama untuk mencuci pakaian. Hal ini disebabkan karena genangan air yang kotor dan saluran air yang hitam dan berbau.

Dalam rangka pelestarian lingkungan hidup, penerapan 3R atau reuse, reduce dan recycle  sampah merupakan salah satu program terbaik karena mengutamakan penanganan sampah dari sumbernya. 

Oleh karena itu Tim Program pengabdian kepada masyarakat UKDC melakukan kegiatan untuk menyelamatkan bumi mulai dari kelompok kecil di lingkungan sekitar perumahan Taman Aloha dengan memutus jalur distribusi sampah dengan mengolahnya  di tingkat rumah tangga.

Dengan membuat Eco Enzyme (EE), ikut berpartisipasi mengurangi beban bumi sekaligus menerapkan gaya hidup minim kimia sintetis. Manfaat eco enzyme bagi udara, air, tanah, dan pertanian, selain itu Eco Enzyme bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara, air, dan tanah.  

Eco Enzyme dapat memperbaiki kualitas udara sehingga udara menjadi lebih segar, bersih, menghilangkan asap dan bau. Terkait eco enzyme dapat menurunkan tingkat polusi udara karena dalam proses fermentasinya saja, sudah terus dihasilkan gas 03 (ozon) yang sangat dibutuhkan atmosfer bumi.

Dokpri

Pelatihan membuat produk turunan eco enzyme yaitu berupa detergen dan sabun cuci piring atau pembersih lantai dapat meningkatkan social dan ekonomi wargabahkan produk turunan ini dapat dijual kepada umum sehingga peluang usaha dapat tercipta , demikian pendapat salah satu dosen UKDC Lilis Nurhayati. Pelaksanaan kegiatan Abdimas ini dapat berjalan lancar berkat dukungan warga RT 40 RW 09 Perumahan Taman Aloha yang guyub dan saling membantu satu dengan yang lainnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline