Lihat ke Halaman Asli

Lili maysaroh

Universitas Jambi

Peranan Orangtua dalam Menerapkan Pendidikan Politik pada Anak Usia Dini

Diperbarui: 15 Maret 2023   06:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 dijelaskan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab, ini merupakan salah satu dasar dan tujuan dari pendidikan nasional yang seharusnya menjadi acuan bangsa Indonesia.

Menurut Permendiknas Republik Indonesia No.58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia dini meliputi lingkungan perkembangan:"menerima bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaraan. Setiap lingkup perkembangan mempunyai tingkat  pencapaian perkembangan yang berbeda.

Pendidikan taman kanak-kanak yang berumur sekitar 4-6 tahun sering disebut TK merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Keluarga merupakan agen sosialisasi pertama dalam membentuk sikap-sikap politik anak. Jika orang tua mempunyai minat yang besar terhadap politik, maka anak-anak cenderung meniru ide-ide politik orang tua.Peran orang tua berpengaruh dalam hal pembentukan sikap terhadap wewenang kekuasaan Dilihat dari segi pendidikan, orang tua merupakan guru yang menyediakan situasi belajar. Tanggung jawab pendidikan ketika di lingkungan keluarga terletak pada kedua orang tua dan tidak bisa di wakilkan kepada orang lain, tanggung jawab orang tua sebagai guru pendidikan politik dalam keluarga dapat dilimpahkan kepada orang lain disebabkan karena adanya berbagai keterbatasan kedua orang tua, yaitu melalui sekolah.Orang tua mempunyai peranan terhadap anak dalam pendidikan politik keluarga. Di dalam keluarga anak mulai di didik untuk membentuk sikap-sikap politik masa depan. Sebagaimana dikemukakan oleh Hasbullah(2009:39)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline