Lihat ke Halaman Asli

Lidya Damayanti

Travel Education and Culinary

"Para Perindu Surga, dari MADOEPALA, Jakarta"

Diperbarui: 4 April 2024   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi @madoepala 2024

Meniti jalan menuju surga adalah impian setiap jiwa ummat muslim yang tak terbantahkan. Namun, langkah-langkah menuju keabadian itu tidaklah ringan, membutuhkan ketekunan dan ketakwaan yang sungguh sungguh. Terdapat kabar baik, berupa janji yang menyejukkan hati, kebahagiaan surgawi menanti mereka yang dengan penuh kasih dan kepedulian merawat anak yatim, Dari Abu Umamah, Nabi Muhammad SAW juga pernah berkata :

"Barangsiapa yang mengusap kepala anak yatim laki-laki atau perempuan karena Allah SWT, adalah baginya setiap rambut yang diusap dengan tangannya itu terdapat banyak kebaikan, dan barang siapa berbuat baik kepada anak yatim perempuan atau laki-laki yang dia asuh, adalah aku (Rasulullah SAW) bersama dia di surga seperti ini, beliau mensejajarkan dua jari-nya."

Dokumentasi Pribadi @madoepala 2024

Organisasi Mangga Dua Selatan Pecinta Alam atau yang lebih dikenal dengan nama Madoepala merupakan salah satu dari sekian banyaknya organisasi yang ada di kelurahan Mangga Dua Selatan. Organisasi ini berdiri pada tanggal 3 juni 2007, diprakarsai oleh 5 orang yang memiliki satu tujuan yang sama yaitu untuk menyatukan seluruh pemuda di Mangga Dua Selatan, memperkuat dan mempererat rasa cinta serta tanggung jawab generasi muda terhadap alam juga lingkungan sekitar dan meminimalisir kegiatan negatif akibat kuatnya arus globalisasi masa kini.

Sesuai dengan namanya "Madoepala" lebih aktif bergerak dalam kegiatan Alam dan Lingkungan, berikut salah satu dokumentasi kegiatan yang pernah dilaksanakan oleh Organisasi Madoepala :


Meskipun begitu Madoepala juga selalu berusaha untuk menebar manfaat dengan lingkungan masyarakat sekitar, salah satunya adalah melakukan kegiatan rutin tahunan yaitu "Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim". Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa syukur karena dapat kembali menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan kembali, sekaligus mempererat tali silahturahmi setiap anggota dalam berorganisasi di Madoepala.

Dokumentasi Pribadi @madoepala 2024

Dokumentasi Pribadi @madoepala 2024

Kegiatan "Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim" tahun ini dipersiapkan oleh Madoepala sejak 2 bulan sebelum hari pelaksanaan, mulai dari menentukan tempat kegiatan, hampers untuk anak yatim, konsumsi anak yatim, dana santunan anak yatim, konsumsi panitia dan juga tamu. Selain mengundang anggota organisasi dan memberikan santunan kepada Anak Yatim, Madoepala juga mengundang Ustadz Sani ( Pemuka Agama Setempat ) untuk memberikan tausiyah dengan judul "Kiat Rajin Beribadah, agar menjadi Manusia yang dirindukan Surga".

Dokumentasi Pribadi @madoepala 2024

Dokumentasi Pribadi @madoepala 2024

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline