Lihat ke Halaman Asli

Lilian Krisnanda

Mahasiswa Desain Interior, Universitas Kristen Petra

Yuk, Ketahui Cara Memilih Warna Kamar Berdasarkan Karakter Si Kecil!

Diperbarui: 20 Juni 2023   18:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi penulis (April, 2023)

Mendesain kamar si kecil menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu oleh para orang tua. Mulai dari menyiapkan ranjangnya, lemari, memilih palet warna, hingga ornamen dekorasi yang mempermanis ruangan.

Masa kanak-kanak sendiri adalah masa pertumbuhan yang cepat, dimana terjadi perkembangan fisik, mental, sosial, emosional dan bahasa secara bersamaan. Si kecil mulai membutuhkan privasi, tempat untuk bermain, dan menyimpan barang layaknya Moms & Dads. Oleh karena itu, kamar tidur si kecil harus direncanakan sesuai dengan kesukaan dan ketidaksukaannya serta kebutuhannya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan karakter si kecil agar kamar yang didesain nantinya menghambat pertumbuhan karakternya.

Setiap warna memiliki efek psikologis yang berbeda. Penggunaan warna yang tepat dapat memberi efek psikologis positif pada si kecil, antara lain seperti peningkatan perkembangan emosional, meningkatkan motivasi si kecil untuk berbagi dan bekerja sama, serta si kecil merasa lebih mudah untuk mengatur pikiran mereka sendiri.

Moms & Dads tidak perlu bingung, berikut beberapa efek psikologis warna dan kesesuaiannya terhadap karakter anak.

Warna Hangat

Secara umum, warna-warna hangat menimbulkan kebahagiaan dan kenyamanan. Nuansa berani merah, oranye, dan kuning, dapat menstimulasi pikiran dan memiliki efek energi pada tubuh, sehingga cocok untuk membangkitkan semangat. Warna-warna hangat juga dapat membuat ruang terlihat lebih terang. Jenis warna ini cocok bagi si kecil yang cenderung pendiam agar menjadi lebih bersemangat. Juga cocok untuk si kecil yang sedang mengenal warna, karena pengenalan pada warna sangat fundamental di perkembangan sensori si kecil.

Karena fungsinya yang membangkitkan semangat, Moms & Dads cukup gunakan warna hangat sebagai aksen, bukan untuk digunakan di seluruh ruangan ya. Karena penggunaan warna hangat di seluruh ruangan dapat membuat anak menjadi lebih hiperaktif, terutama jika si kecil memang aktif. Warna-warna hangat meliputi merah, oranye, kuning, dan merah muda.

Dokumentasi penulis (April, 2023)

Dokumentasi penulis (April, 2023)

Dokumentasi penulis (April, 2023)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline