Lihat ke Halaman Asli

Lilian Kiki Triwulan

TERVERIFIKASI

Always be happy

Menengok Suasana Malam Green Sabin Cipaku

Diperbarui: 7 Juni 2020   21:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Malam Green Sabin Cipaku/Foto: Lilian Kiki Triwulan

Sore itu, hujan turun perlahan yang mengantarkanku pada sebuah tempat yang menawarkan keindahan alam yang menawan. Langkah kaki pun terhenti, sejenak mengamati dan mencoba untuk menikmati.

Green Sabin, tulisan bernuansa hijau itu sudah terlihat dari kejauhan di tengah-tengah area persawahan yang luas membentang. Semakin mendekat, semakin hati terpikat dengan nuansa alam yang menyejukan.

Sebuah rumah bernuansa jawa menjadi tempat pemberhentian sore itu. Tempat berteduh dan sekedar untuk menikmati kopi khas yang disajikan di tempat itu. Apalagi dengan tambahan mendoan dan juga makanan desa yang ditawarkan sungguh menggoda.

Meskipun hari sudah berlalu menuju malam yang sepi, tapi tidak di tempat ini. Lampu-lampu di berbagai sudut menyala dengan begitu anggun. Menampakan cahaya yang indah. Jalanan yang beralaskan kayu dan lampu-lampu di sudut jalan menjadi penghias malam yang rupawan.

Green Sabin, Wisata Bernuansa Alam dan Edukasi Pertanian

Suasana Malam Green Sabin Cipaku/Foto: Lilian Kiki Triwulan

Green Sabin, sebuah wisata yang menawarkan nuansa alam dan edukasi pertanian. Green Sabin terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Lokasinya tidak terlalu jauh, kurang lebih 9 km dari pusat kota Purbalingga atau kurang lebih memakan waktu 15 menit untuk sampai ke tempat itu.

Tempat ini memang tidak hanya menawarkan suasana malam yang syahdu tetapi juga nuansa alam yang merdu. Berjalan beriringan dengan hujan rintik yang jatuh perlahan. Duduk di sudut-sudut yang disediakan di bawah lampu yang menghiasi malam. Genangan-genangan air sisa hujan dan pantulan cahaya dari kolam menambah keindahannya.

Semilir angin yang mendayu-dayu menambah dinginnya malam itu. Suara jangkrik yang bersahut-sahutan di tepian sawah. Ditambah dengan suara katak yang berlomba-lomba menghibur malam. Menjadikan malam itu begitu merdu di Green Sabin.

Suasana Malam Green Sabin Cipaku/Foto: Lilian Kiki Triwulan

Dibangun di atas lahan seluas 3 hektar, Green Sabin berdiri kokoh dengan berbagai fasilitas pendukungnya. Berjalan di jembatan yang dibangun di atas sawah, kolam-kolam ikan yang berada di samping kanan dan kiri. Jembatan jaring yang membelah kolam menuju aula utama menjadi pemikatnya.

Nuansa alam masih terasa sangat kental. Bangunan-bangunan kayu dan bambu yang tersusun rapi menjadi sebuah bangunan-bangunan yang unik di sana. Aroma malam akan begitu terasa ketika berjalan berkeliling di Green Sabin dengan ditemani hiasan lampu yang memancarkan beragam cahayanya.

Green Sabin Wisata Baru di Purbalingga

Suasana Malam Green Sabin Cipaku/Foto: Lilian Kiki Triwulan

Green Sabin ini menjadi calon destinasi wisata baru yang ada di Kabupaten Purbalingga. Wisata ini memang belum dibuka untuk umum karena terkendala pandemi covid-19 dan belum adanya imbauan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk membuka wisata tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline