Lihat ke Halaman Asli

Lilah Nur Kholilah

Sebagai Guru

Pesona Kuliner Desa Sawah Luhur

Diperbarui: 1 Desember 2022   10:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Beberapa tahun belakang ini desa Sawah Luhur menjadi perhatian sebagian kalangan, sebuah menu makanan yang menjadi suguhan utama di tempat makan yang ada di sekitaran desa Sawah Luhur itu seolah menjadi ikon dari desa itu sendiri. RM. Pecak Bandeng Sawah Luhur, merupakan salah satu rumah makan yang cukup besar di desa Sawah Luhur. Jika dilihat dari nama tempat rumah makannya, sudah pasti menu andalan dari rumah makan ini adalah "pecak bandeng", namun selain pecak bandeng beberapa menu andalan lainnya yang diolah dengan berbagai cara olahan dan tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang berkunjung ke rumah makan ini.

Ibu Asnayati (52) pemilik rumah makan ini memaparkan bahwa rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 2010, dan dari tahun ke tahun rumah makan ini mengalami perkembangan yang menjadikan rumah makan ini sebagai salah satu rumah makan yang cukup besar. "Saya mendirikan rumah makan ini mulai dari nol. Dari mulai beras yang hanya 5 liter perhari dan tempat yang hanya sepetak hingga seperti sekarang ini." Jelas Ibu Asnayati. Saat ini, ibu Asnayati sudah memiliki 20 pegawai yang membantunya menjalankan usaha rumah makan ini.

Akses jalan menuju rumah makan ini sendiri cukup jauh dari jalan raya yaitu 25 km dari jalan raya Jakarta, tetapi pesona rumah makan ini mengalahkan rumah makan yang ada di sekitaran jalan raya Jakarta sehingga banyak orang yang rela berduyun-duyun mengunjungi rumah makan ini. Bukan hanya kalangan biasa yang sudah mengunjungi rumah makan ini, dari kalangan pengusaha hingga pemerintahan seperti gubernur Banten pernah mengunjungi rumah makan ini. Itu menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi rumah makan ini. Dari banyaknya pengunjung yang datang, ibu Asnayati mendapat omset dari 5 juta rupiah sampai 20 juta rupiah perharinya.

Rumah makan pecak bandeng yang terletak di Jalan Raya Pontang Km 10 Sawah Luhur ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Dengan 50 macam menu andalan rumah makan ini bisa menjadi salah satu referensi untuk berwisata kuliner bersama keluarga. Suguhan alam pedesaan yang asri dan alami ini menjadi sebuah magnet tersendiri bagi para pengunjung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline