Lihat ke Halaman Asli

Kuliah Ilmu Komputer itu Kuliah Matematika dan Logika bukan Animasi atau Desain

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kuliah Ilmu Komputer itu Kuliah Matematika dan Logika bukan Animasi atau Desain, itulah yang saya simpulkan selama hampir 3 tahun kuliah ilmu komputer di salah satu PTN ternama di kota Gudeg. Saat SMA dulu saya disarankan untuk kuliah di PTN yang terbaik dan jika di pulau Jawa maka daerah itu adalah Jogja. Karena tidak tahu ingin menjadi apa dan kuliah apa, saya melihat daftar jurusan PTN tersebut mana kira - kira jurusan yang saya sukai. Karena terpikir dalam benak saya untuk belajar desain dan animasi, saya memilih jurusan ilmu komputer, dengan embel - embel komputer saya berharap setidaknya ada pelajaran animasi dan desain disana. Dalam salah satu mata kuliahnya, ada Interaksi Manusia Komputer dan Grafika Komputer, dimana kedua matkul tersebut akan memperlajari animasi dan desain.

Awal masuk kuliah, saya tidak terlalu kaget karena mata kuliah yang ada masi berhubungan dengan SMA, yaitu Kemipaan. Matematika, Kimia, Fisika, TIK, Bahasa Inggris, Aljabar Vektor dan Matriks. Pelajaran tersebut tidak jauh berbeda dengan SMA hanya lebih dalam dengan pola pikir mahasiswa. Masuk semester 2, baru sesungguhnya jati diri Ilmu Komputer terlihat, dengan pelajaran Algoritma dan Matematika Diskrit, dimana mata pelajaran tersebut penuh dengan logika dan matematika, bagaimana cara menerjemahkan apa yang kita pikirkan kedalam barisan kode yang sesuai agar program komputer tersebut dapat berjalan dengan baik dan runtun. Dalam membuat kodigan pun menurut saya itu adalah matematika dan logika. Saya sangat kanget karena menurut saya sangat susah, ditambah dengan mata kuliah kalkulus, dimana saya bertemu dengan integral, limit dan diferensial lagi

Masuk semester 3, ada matkul Interaksi Manusia dan Komputer, dimana pada matkul ini kita mempelajari bagaimana cara membuat tampilan yang user friendly, menurut saya ini lebih ke bagimana membuat desain aplikasi yang baik dan bisa dibilang disini bisa belajar tentang desain, walau tetap bertemu dengan koding. jika sebatas membuat tampilan maka itu hanya kodingan mengenai desain web tersebut dan kita bersentuhan dengan art, namun apabila sampai membuat aplikasi maka ada bahasa pemograman lain yang digunakan dimana ada matematika dan logika. Selain itu, di semester ini ada pula matkul analisis dan desain algoritma, diman ada simbol matematis, matematika dan logika

Masuk semester 4 tidak jauh berbeda, dan semester 5 ada matkul Grafika Komputer, disini yang mengagetkan kita memang mempelajari animasi, namun bukan bagimana cara membuat animasi seperti di film disney, tetapi bagaimana cara membuat tools animasi seperti 3dsmax ataupun blender. Bagaimana sebuah aplikasi dapat berjalan dan membuat bidang, persegi, segitiga atau obyek 3 dimensi.

Masuk semester 6, terdapat banyak sekali matkul pilihan, dan semuanya kebanyakan ada matematika dan logika. So Wow... jadi bila ingin mempelajari animasi atau desain secara utuh dan lengkap maka lebih baik kuliah DKV atau memang jurusan animasi atau jurusan desain. Kuliah ilmu komputer hanya sedikit sekali mempelajari kedua bidang tersebut. Kuliah ilmu komputer kebanyakan adalah matematika dan logika, serta bagaimana membuat suatu aplikasi yang baik dan berguna

Diharapkan setelah lulus, sarjana ilmu komputer juga dapat membuat sebuah aplikasi, jadi sedikit banyak harus bisa koding. Membuat yang ada animasi atau desain pun tetap harus ada kodingnya. Kalau tidak bisa, maka akan kesusahan dalam tiap tugas kuliah yang diberikan ataupun ujian algoritma.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline