Lihat ke Halaman Asli

Lila Denayu Yustian

Masih Sekolah

Meningkatkan Daya Saing Internasional di Era Globalisasi

Diperbarui: 19 September 2020   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: pasarperdana.id

Terwujudnya perdagangan bebas cenderung untuk mendorong masing-masing negara untuk berspesialisasi secara penuh dalam produksi barang yang mempunyai keunggulan komperatif bagi negara tersebut. Kesiapan suatu negara dalam globalisasi tergantung bagaimana cara negara tersebut mendorong produk yang dihasilkannya mempunyai keunggulan komparatif. Dengan keunggulan komperatif akan dihasilkan produk yang berdaya saing di pasar global. Selain itu, dengan tumbuhnya kawasan-kawasan perdagangan dunia, yang cenderung membentuk blok-blok perdagangan hampir disemua benua, menambah globalisasi perdagangan di dunia saat ini.

 Globalisasi ekonomi adalah perluasan pasar global dimana sumber-sumber daya global pada produksi dan pemasaran tidak dibatasi lagi oleh batas geografis negara. Sesungguhnya globalisasi mencakup bidang yang lebih luas, termasuk didalamnya pengaruh bidang politik, teknologi dan budaya. Peran pasar menjadi lebih penting dalam menciptakan kondisi ekonomi daripada pemerintah.

Negara dapat memiliki suatu cara yang dianggap paling sesuai, tetapi kebijakan pasarlah yang akan berkaitan langsung dengan pasar global. Perusahaan-perusahaan dan bentuk organisasi lainnya tidak lagi dibatasi oleh wilayah nasional, dunia benar-benar telah menjadi satu. Beberapa strategi untuk meningkatkan daya saing produk internasional yaitu:

  • Menetapkan dahulu negara mana yang akan menjadi pesaing dalam melakukan perdagangan internasional seperti ekspor produk.
  • Memenimalisasi kegiatan impor dalam negeri.
  • Perhatikan segmentasi pasar atau komoditas mana yang memiliki peluang cukup besar untuk melawan negara yang telah ditetapkan.
  • Mempertimbangkan data-data mengenai GNP perkapita suatu negara, serta kondisi perekonomian negara yang produknya akan dipasarkan dengan pertumbuhan ekonominya yang cukup cepat
  • Membuat kegiatan pameran ekspor bertujuan agar calon importir mengenal, terkesan kemudian tertarik terhahadap produk yang kemudian mencoba untuk memasarkan dinegaranya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline