Lihat ke Halaman Asli

Lifetime Design

Desain Interior dan Arsitektur

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membangun Rumah?

Diperbarui: 10 Juni 2022   13:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.Lifetime Design Arsitektur

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok yang dapat membuat kehidupan manusia nyaman. Maka dari itu, tidak heran rasanya jika banyak orang yang rela menyisihkan uangnya untuk menabung dan mewujudkan tempat tinggal impiannya.

Ketika uang sudah terkumpul, Anda seringkali dibuat bingung dengan dua pilihan: membeli rumah jadi lalu direnovasi atau membeli tanah kosong dan membangunnya dari nol. Kedua pilihan tersebut tentunya memiliki nilai plus dan minus-nya tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Bagi Anda yang lebih memilih membeli tanah lalu membangunnya dari nol, berikut Lifetime Design paparkan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membangun rumah. Apa saja, ya?

Pertama, budget pembangunan

Budget menjadi hal yang paling krusial ketika Anda membangun rumah. Sebelum memulai pembangunan, pastikan Anda sudah mendaftar kebutuhan apa saja yang diperlukan. Setelah itu, cari tahu berapa estimasi budget yang harus Anda keluarkan untuk masing-masing kebutuhan tersebut.

Besaran budget tentunya bisa sangat beragam. Jika Anda memiliki budget yang cukup terbatas, ada baiknya memulai pembangunan satu per satu, tergantung prioritas. Namun jika budget-nya cukup besar, Anda bisa langsung membangun secara keseluruhan dan jangan lupa untuk menggunakan material-material yang berkualitas.

Kedua, desain atau tampilan rumah

dok.Lifetime Design Arsitektur

Perjalanan membangun rumah dari nol memang terbilang lebih panjang jika dibandingkan ketika Anda merenovasi sebuah rumah yang sudah jadi. Salah satu hal yang tidak boleh terlupa dari perhatian Anda adalah desain dari rumah itu sendiri.

Desain rumah terbilang cukup penting. Lewat desain ini, tim yang nantinya akan mengerjakan rumah Anda bisa mendapatkan gambaran serta meminimalisir kesalahan saat proses pengerjaan. Namun jika Anda bingung bagaimana cara mendesainnya, Anda bisa memanfaatkan jasa arsitektur yang kini marak di Indonesia.

Ketiga, material yang digunakan

dok.Lifetime Design Arsitektur

Material juga menjadi salah satu elemen penting yang harus diperhatikan ketika membangun rumah dari nol. Ketika memilih material, Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki dan tetap memperhatikan kualitasnya secara teliti.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline