Lihat ke Halaman Asli

Lidya Zanthi

Mahasiswa

Cara Menanggulangi Banjir di Desa Gobah, Kec. Tambang, Kab. Kampar

Diperbarui: 19 November 2023   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau Fakultas Studi Islam program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah melakukan sosialisasi aksi tanggap bencana banjir pada hari jumat tangga (10/11/2023) di Desa  Gobah, Kec. Tambang, Kab, Kampar. Sosilisasi ini dilakukan untuk memenuhi tugas Pancasila yang berjudul "tanggap bencana banjir" dengan dosen pengampu Bpk. Ilham Hudi, S. Pd., M. Pd.

"Tujuan Mahasiswa Melakukan Sosialisasi ini adalah untuk menyampaikan kepada masyarakat untuk memberikan pengetahuan dalam proses menanggulangi bencana alam yaitu salah satunya adalah banjir". ujar Ilham Hudi.

Para Mahasiswa melakukan kegiatan wawancara bencana banjir di RW 02 Dusun 1 di Desa Gobah karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang menanggulangi banjir.  Mereka mewawancarai kepala Dusun 1 yaitu Bpk. Firdaus. "Banjir besar yang mengakibatkan para petani tidak bisa ke ladang pada tahun 2022 yang dimana banjir itu terjadi selama tiga hari lebih yang disebabkan  oleh curah hujan tinggi dan pembangunan bendungn 13 Koto Kampar yang mengakibatkan air naik dan memasuki perkarangan desa." ujar Firdaus.

sejak kejadian itu warga setempat tidak lagi membuang sampah ke selokan walaupun masih ada beberapa warga yang melanggar perintah tersebut. "Sejak terjadinya banjir banyak komunitas dari pemerintahan Kampar seperti dari Organisasi Muhammadiyah, mereka selalu memberikan bantuan untuk korban banjir." ujar Firdaus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline