Pengenalan Lapangan Persekolahan atau disingkat (PLP) adalah kegiatan akademik yang tercantum dalam kurikulum semua program studi yang ada di lingkungan FKIP uhamka. PLP terbagi menjadi 2, yaitu PLP 1 dan PLP 2. Dalam pelaksanaan PLP 1 mahasiswa secara berkelompok mengobservasi dan mewawancarai keadaan sekolah yang sudah ditunjuk dari kampus. Sedangkan dalam pelasanaan PLP 2 para mahasiswa secara berkelompok (isi kelompok berbeda dengan kelompok PLP 1, sehingga kita dapat mengenal lebih banyak teman seangkatan yang lain karena berbeda dengan anggota kelompok pada PLP 1) mengajar di sekolah yang sudah ditunjuk dari kampus. Pengajaran pada PLP 2 berjumlah 8 kali dengan memasuki kelas yang berbeda -- beda, ditambah dengan satu kali ujian yang akan dinilai oleh dosen pembimbing dan guru pamong.
Mahasiswa kelompok 33 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar melaksanakan kegiatan PLP 2 di SDN Baru 07 Pagi. Pelaksanaan PLP 2 sesuai surat edaran bernomor 01500/A.16.01/2023 mengenai "Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 (PLP 2) Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan PLP 2 meliputi kegiatan pengenalan sekolah, pembuatan modul ajar/ RPP, proses pembelajaran dan mengenal kegiatan yang ada di sekolah.
Dosen Pembimbing Lapangan pada kelompok 33 yaitu Dr. Tri Wintolo Apoko, M. Pd. Yang selalu memberikan motivasi serta arahan -- arahan dalam melaksanakan PLP 2 ini. Kelompok 33 Terdiri dari enam mahasiswa, yaitu ketua kelompok Lidya Syahrani (2001025304), Sekretaris 1 Tiara Ajeng (2001025300), Sekretaris 2 Indah Silvia Nasir (2001025302), Bendahara Hanan Salsabila Maulana (2001025303), Seksi Dokumentasi 1 Sekar Auliya Rizkita (2001025301), dan Seksi Dokumentasi 2 Tiara Diva Larasati (2001025306).
Pembiasaan yang terdapat di SDN Baru 07 Pagi ini diantaranya
ada :
1. Upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin pada pukul 06.30 s.d selesai. Dimana tujuannya untuk menanamkan nilai Nasionalisme yang tinggi kepada para peserta didik dan guru. Untuk petugas upacaraya sendiri merpakan peserta didik yang bertugas secara bergantian setiap minggunya.
2. Literasi peserta didik dilaksanakan setiap hari Selasa pukul 06.30 s.d selesai. Tujuannya adalah untuk membentuk peserta didik memahami suatu cerita. 3. Menyanyikan lagu Nasional yang dilaksanakan setiap hari Rabu pukul 06.30 s.d selesai. Tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai Nasionalisme yang tinggi kepada para peserta didik dan guru. 4. Senam Bersama yang dilaksanakan setiap hari Kamis. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan peserta didik dengan menggunakan seragam olahraga. Kegiatan ini dimulai pukul 06.30 s.d selesai. Tujuannya untuk menerapkan pola hidup sehat dilingkungan SDN Baru 07 Pagi.
5. Solat Dhuha Bersama yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik yang beragama islam, dimulai pukul 06.30 s.d. selesai. Tujuannya untuk membentuk peserta didik yang beriman dna bertaqwa kepada Allah SWT.
Selama masa kegiatan PLP 2 kelompok 33 sangat beruntung karena dapat merasakan pengalaman mengajar yang sangat luar biasa dengan didukungnya dosen pembimbing kami yang selalu memotivasi, kepala sekolah yang baik serta menyambut dengan baik, guru pamong yang selalu memberikan arahan, serta semua guru -- guru dan staf di SDN Baru 07 pagi yang sudah mau membantu serta memberikan masukan -- masukan yang membangun yang dapat kami jadikan sebagai pembelajaran kedepannya.
Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, pihak sekolah sebaiknya lebih meningkatkan kinerja guru yang sudah disesuaikan dengan kompetensi peserta didik, tetapi apabila ada peserta didik yang memiliki bakat dan potensi tersendiri sebaiknya diberikan fasilitas khusus atau materi tambahan. Mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada di SDN Baru 07 Pagi, seperti Ruang Perpustakaan, Pojok Baca agar pembelajaran berjalan lebih kondusif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H