Lihat ke Halaman Asli

Ngobrol Seru saat Lebaran, Cari Topik yang Aman

Diperbarui: 29 April 2022   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Lebaran tiba, saatnya kumpul keluarga. Setelah absen 2 tahun lamanya kita tidak bisa merasakan serunya berkumpul di hari raya termasuk mudik lebaran, akhirnya tahun ini masyarakat bisa kembali mudik ke kampung halaman dan berkumpul bersama sanak keluarga.

Kumpul keluarga artinya kita berinteraksi bersama mereka dan berkomunikasi lebih intens. Di balik serunya berkomunikasi atau ngobrol bersama keluarga di masa mudik, ada beberapa kekhawatiran dari sebagian orang akan topik yang dibicarakan. Beberapa topik yang harus kita hindari untuk ditanyakan pada anggota keluarga yang diawali dengan kata KAPAN. Kapan menikah, kapan nambah anak, kapan mau punya anak, dan kapan-kapan yang lain. Dari pertanyaan yang diawali dengan kapan ini dapat diartikan menjadi dua yaitu, hanya basa basi saja tanpa bermaksud mencari tahu lebih banyak. Namun, ada pula yang bertanya karena kekepoan saja dan terkesan mengintimidasi seseorang.

Jika pertanyaan yang diajukan sudah masuk ke ranah pribadi seperti itu, biasanya akan ada rasa ketidaknyamanan pada orang yang ditanya. Bisa saja hal tersebut membuatnya terluka sehingga membuat obrolan tidak menyenangkan dan di lain waktu orang tersebut akan menghindari pertemuan dengan orang yang bertanya. Sekalipun dia bertemu pasti akan berusaha menghindari obrolan dengan topik yang tidak diinginkan tersebut.

Berkaca dari situ, sebaiknya kita khususnya saya juga harus bisa belajar mencari tema obrolan yang seru untuk dijadikan bahan perbincangan bersama keluarga di saat hari raya.

Obrolan Tentang Makanan

Salah satu tema obrolan yang aman adalah mengenai makanan. Coba tanyakan tentang makanan lebaran di keluarganya yang biasa dibuat dan disantap.

Atau bisa juga bertanya tentang resep dari masakan yang dihidangkan, past senang sekali mereka akan berbagi dan sharing resep pada kita, daripada memberikan pertanyaan yang membuatnya tidak nyaman.

Obrolan Tentang Hobi

Jika kita tahu hobi seseorang, bisa lho ditanyakan seputar hobinya misalnya suka gowes, lari atau berenang. Tanyakan rekomendasi outfit yang bagus tapi terjangkau. Selain bisa menambah rekomendasi outfit, obrolan ringan pun akan lancar dilakukan tanpa adanya tekanan.

Rencana Aktivitas Selama Libur Lebaran

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline