Lihat ke Halaman Asli

Tempe Laris Tempe Pewarna

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Haduhhh , kayaknya Indonesia udah semakin kacauu . Udah semakin sedikit makanan yang alami-alami, kemarin sabtu tanggal 16 Oktober 2010 kalau temen sekalian liat di salah satu stasiun TV menayangkan mengenai pengolahan tempe berpewarna sintetis(*pewarna kertas dan pakaian). Bahhhhh ! makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia selain enak, murah , tempe juga bergizi tempe itu salah satu contoh makanan yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna kan? tapi kalo kenyataannya aja ada tempe yang bepewarna buatan gimana donggg !

Menurut si  pembuat yang namanya disamarkan itu, jika tempe buatannya warnanya putih justru dianggap diberi pemutih sehingga dia mempunyai inisiatif untuk memberi warna sintetis seperti  warna kunyit(kuning). Kegiatan itu sudah dia kerjakan selama 13 tahun *itu waktu yang enggak sebentar ! Komposisi dalam pembuatan pewarna itu dengan memberi tepung kanji(*supaya warna menempel) serta pewarna sekitar 2 sendok makan lalu dicampurkan kesemua adonan tempe terus didiemin dehh sampe fermentasinya selesai. Pembuat tempe itu menjual tempe-tempenya sejak subuh, karena kalau masih subuh langit masih gelap sehingga warna bisa tersamarkan.

Yahhhh walaupun susah dibedakan mana yang diberi pewarna mana yang alami, tetap saja ada perbedaan yang kita masih bisa membedakan. Ciri-cirinya adalah 1. pada warna, tempe yang alami warnanya lebih seger dan pekat tidak pucat seperti yang memakai sintetis 2. pada hasil gorengan tempe warnanya alami coklat keemasan(cerah), berbeda dengan yang buatan warnanya menjadi coklat(keruh) biasa dan jika tempe alami kuningnya hingga ke dalam-dalamya.

Emang susah ya kalo dah kayak gini , semua-semua banyak yang dibuat-buat ada ayam formalin lahh daging glonggonganlah ada daun singkong yang diborak biar tetep seger daunnya makanan dari daging busuk/ikan busuk saos-saos bepewarna sintetis sekarang tempe pewarna sintetis ! hmm, tinggal kitanya yang berpikir kritis buat lebih hati-hati dalam memilih makanan yang benar-benar sehat dan higienis. Ahhhh , mungkin kita bisa buat tempe sendiri yang kita konsumsi sendiri kan lebih terjamin :salam hangat :)

lidiaruliastiniwa mahasiswa Ilmu keperawatan Undip




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline