Lihat ke Halaman Asli

Filsafat dan Lingkungan

Diperbarui: 22 November 2017   20:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sekarang jelas dari hasil yang memenangkan argumen abad kesembilan belas tentang modal dan tenaga kerja. Sosialisme, sebagai teori ekonomi, meski bukan sebagai perang salib moral, sudah mati. Argumennya sekarang adalah tentang kapitalisme macam apa yang kita inginkan. 

Kami membuat sketsa berbagai filosofi lingkungan sebagai sarana untuk memahami spektrum filosofi yang mendasari wacana lingkungan. Karena kita sedang belajar komunikasi korporat, kita harus menyatakan bahwa, secara realistis, kita tidak mengharapkan korporasi masuk umum atau Noranda secara khusus untuk mematuhi agenda lain selain kapitalis. Seperti Elkington & Burke menunjukkan dalam kutipan di atas, masalahnya kemudian menjadi, seperti apa kapitalisme. 

Filosofi tradisional terbagi antara teori konsekuensial (atau teleologis) seperti teori utilitarianisme dan non-konsekuensial (atau deontologis) seperti berbasis hak filsafat. Sementara filosofi lingkungan mengadopsi dua pendekatan dasar ini, namun juga memiliki cabang non-tradisional atau holistik besar yang ditandai oleh ekologi dan ekofeminisme yang dalam. Dengan demikian, seseorang dapat membagi filosofi lingkungan antara keduanya sudut pandang antroposentris (terpusat pada manusia) dan ekosentris (berpusat pada bumi), yaitu umumnya dilihat sebagai tidak dapat dibandingkan . 

Ada beberapa varian dalam dua sudut pandang dan Gray menawarkan klasifikasi tujuh tingkat kerangka kerja untuk menjelaskan "beberapa cara umum di mana kelompok yang berbeda dalam masyarakat dapat membayangkannya hubungan organisasi-masyarakat. Pandangan ini diberi label dan dijelaskan sebagai berikut: (1) kapitalis murni - pandangan dominan dalam akuntansi dan keuangan di mana satu-satunya tanggung jawab perusahaan adalah menghasilkan uang bagi pemegang saham; (2) alat bantu - mereka yang memiliki pandangan jangka panjang yang menyadari bahwa kesejahteraan ekonomi dan stabilitas hanya dapat dicapai dengan penerimaan tanggung jawab sosial tertentu; (3) pendukung kontrak sosial - sikap bahwa perusahaan dan organisasi lain ada pada kehendak masyarakat dan oleh karena itu bertanggung jawab untuk menghormati dan merespons masyarakat tersebut; (4) ekologi sosial - mereka yang peduli terhadap lingkungan sosial dan merasakannya karena organisasi besar telah berpengaruh dalam menciptakan lingkungan sosial dan lingkungan masalah yang mereka juga harus berpengaruh dalam membantu memberantas masalah ini; (5) sosialis - yang merasa harus ada penyesuaian yang signifikan dalam kepemilikan dan penataan masyarakat; (6) feminis radikal - mereka yang merasa ada sesuatu yang salah dengan yang sebenarnya konstruksi maskulin agresif yang membimbing sistem sosial kita dan bahwa ada kebutuhan untuk nilai lebih feminin seperti cinta, kasih sayang dan kerja sama; dan (7) ahli ekologi dalam - yang berpendapat bahwa manusia tidak memiliki hak eksistensi yang lebih besar daripada apapun bentuk kehidupan lainnya. 

Sikap organisasi-organisasi ini dapat dipisahkan ke dalam sudut pandang antroposentrisme atau ekosentrisme Sesuai dengan etos kapitalis kita mengharapkan Noranda (seperti yang kita harapkan semua perusahaan) untuk mematuhi sudut pandang antroposentris. Beberapa mungkin mempertanyakan keseluruhannya premis mengenai apakah korporasi benar-benar memiliki sikap etis atau tidak. Sebagai non-hidup legal "orang" korporasi menggunakan logika dan kekuatan yang berfungsi untuk menimpa moralitasnya manajer individu dan membuat korporasi menjadi entitas tidak bermoral . Namun demikian, kita melanjutkan seolah-olah sikap etis dimungkinkan untuk lebih memahami caranya Pengungkapan Noranda berinteraksi dengan wacana lingkungan yang lebih luas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline