Banyak media yang membahas kenaikan BBM di Indonesia merupakan hal yang tidak membuat heran, karena dari dahulu jika BBM naik pasti dari yang punya kendaraan sampai yang tidak punya kendaraan akan membicarakan dampaknya. Tidak membahas hal yang sudah terjadi, berharap dengan naiknya BBM ada perbaikan nyata yang dapat terlihat dan dirasakan langsung, yaitu masalah transportasi umum. Kebutuhan dasar yang saat ini diperlukan yaitu transportasi umum yang murah, nyaman dan aman. Banyaknya penduduk saat ini merupakan tantangan bagi Indonesia, untuk itu di perlukan kendaraan atau alat transportasi umum darat yang dapat mengangkut paling banyak penumpang, dalam hal ini adalah kereta. Jalan di Indonesia, khususnya Jakarta yang tidak akan atau tidak mungkin melebar, maka kereta merupakan alternatif yang cukup baik sebagai salah satu solusi untuk angkutan umum. Baiknya lagi jika pada tiap daerah Indonesia sudah mempunyai gambaran atau rencana alat transportasi umum apa yang sesuai dengan keadaan wilayah masing-masing. Apakah sudah ada pemetaan rencana dan jadwal tahapan perbaikan dan peningkatan mengenai transportasi umum di Indonesia ? Membahas tentang kereta , secara tidak langsung akan berhubungan dengan jalur kereta, yang dapat dilihat dari peta. Pada tiap daerah dan negara mempunyai berbagai bentuk jalur dalam menjangkau tempat-tempat yang dilalui, karena itu menarik untuk membahas peta kereta , dimana jalur yang ada maka secara tidak langsung akan mempengaruhi sistem, yaitu berupa mempengaruhi tingkat kepadatan, kenyamanan, dan juga keamanan.
Jalur kereta di Indonesia
Adanya monorel di Jakarta bisa sedikit meringankan masalah transportasi umum di Jakarta (berharap ongkos naiknya murah), walau belum bisa segera digunakan , serta belum bisa mencakup seluruh wilayah Indonesia, setidaknya sudah mengetahui jalur mana saja nantinya yang akan di lalui. [caption id="" align="aligncenter" width="420" caption="Jakarta_Eco_Transport"][/caption] Menurut wikipedia akan ada 3 fase yang mengutamakan penumpang Bekasi atau Cikarang, dan Tangerang atau Karawaci yang nantinya akan menuju ke Pusat CBD Jakarta, sedangkan untuk penumpang Bogor dan Depok telah dilayani dengan KRL, namun akan memanfaatkan monorel ke Pusat CBD Jakarta. Melihat peta ini apakah ada rencana koneksi atau adakah jalur penghubung antara KRL dan monorel ? [caption id="" align="aligncenter" width="413" caption="Peta Rute Loopline (KRL JAGODETABEK) "]
[/caption] Bagaimana dengan peta jalur KRL JABODETABEK. terdapat tujuh titik pertemuan yang dapat sebagai tempat penghubung untuk berganti jalur kereta, dengan kepadatan wilayah yang ada, adakah pertimbangan dalam ada penambahan jalur atau bahkan menambah titik pertemuan sehingga penumpang bisa mengambil alternatif lain dan tidak terpaku pada satu jalur saja. Dari semuanya apakah ada rencana titik penghubung antara kereta dan angkutan darat lainnya, seperti bis kota, Trasjakarta dan sebagainya?, karena dengan adanya pertemuan kendaraan penghubung dapat mempermudah dan membuat nyaman pemakai kendaraan umum dalam menjangkau tempat tujuan. Selain itu bagaimana dengan bahu untuk pejalan kaki, sudah adakan pertimbangan tentang jalur untuk pejalan kaki dalam menjangkau kendaraan umum, hal ini juga penting, salah satu yang membuat enggan naik kendaraan umum adalah kurang bahkan tidak ada tempat berjalan yang nyaman.
Jalur kereta pada beberapa negara
Untuk kereta pada kebanyakan negara lain tentunya di dalam kota berupa kereta bawah tanah (subway atau metro), dimana menarik untuk dilihat sebagai bahan pengetahuan lain. Dari Jalur kereta bawah tanah kota pada negara lain, setidaknya bisa sebagai gambaran bagaimana Jalur kereta yang ada di negara lain. [caption id="" align="aligncenter" width="491" caption="paris-metro-map"]
[/caption] Jika melihat peta kereta bawah tanah di Paris ini bisa di bayangkan bagaimana kereta ini menjangkau daerah sampai ujung kota Paris dengan beragam titik hubungnya, sehingga dapat memecah penumpukan penumpang pada suatu jalur, maka bisa di bayangkan banyaknya jalur yang dilalui berapakah jumlah penumpang dapat di angkut dalam tiap harinya dalam tiap jalurnya. [caption id="" align="aligncenter" width="491" caption="TokyoSubwayMap "]
[/caption] Bagi warga Jepang naik kereta merupakan kebutuhan rutin, untuk berangkat kerja atau kegiatan sehari-hari lainnya, maka tidak heran jika jalur kereta bawah tanahnya cukup detail mencakup daerah ujung pelosok. Alasan kebanyakan warga Jepang lebih banyak menggunakan kereta karena selain ketepatan atau sudah terjadwal, dan relatif lebih nyaman, dan untuk membawa mobil selain ongkos parkir mobil yang mahal, juga tidak perlu capai berurusan dengan keadaan lalulintas yang ada. Tidak heran jika menggunakan kereta merupakan salah satu kebutuhan utama bagi warga Jepang [caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Moskow Metro sumber rusko-info.cz"]
[/caption] Peta kereta yang lumayan banyak jalurnya dan cukup kompleks adalah London, tapi diantara negara lain, jalur kereta bawah tanah yang tampak simpel tapi mempunyai titik hubung yang merata yaitu jalur kereta bawah tanah yang ada di Moskow, karena diantara jalur kereta negara lain, Metro di Moskow mempunyai jalur yang melingkar sehingga bisa menghubungkan semua Jalur yang ada, jadi penumpang bebas dan mudah dalam memilih ke arah jalur manapun hanya dalam satu jalur lingkar. [caption id="" align="aligncenter" width="486" caption="London subway sumber projectmapping.co.uk"]
[/caption] Dari ini semua, berharap dengan naiknya BBM bisa segera mungkin merasakan dampak baiknya, minimal dari trasportasi umum khususnya kereta. Tidak masalah jika BBM naik, jika bisa naik kereta atau kendaraan umum lainnya yang murah, nyaman, aman dan sampai tujuan...
Senang berbagi
Medapatkan trasportasi umum yang murah, nyaman, aman dan sampai tujuan, juga merupakan hak sebagai warga
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H