Lihat ke Halaman Asli

Etnografi Menurut Saya Adalah..

Diperbarui: 9 April 2016   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Selasa(5/4/2016) hari ini adalah jadwal untuk mata kuliah antropologi. Yahh seperti biasa dengan teman kelas yang sama, ruangan yang sama dan dosen yang sama pula, untungnya sih mukanya tidak sama semua hehe. Baiklah jangan di ambil hati, karena itu hanya intermezo untuk membuka tulisan saya pada saat ini.

Kali ini ada kelompok 2 yang akan mempresentasikan hasil diskusi mereka mengenai Etnografi. Langsung saja saya bagikan sedikit pengertian yang dapat saya pahami dari materi etnografi.

Etnografi adalah sebuah karangan atau suatu deskripsi mengenai kebudayaan suatu suku bangsa yang di buat oleh seorang ahli antropologi. Tetapi di dunia ini ada beberapa suku-suku bangsa kecil yang berisikan ratusan penduduk, namun ada juga yang terdiri dari puluhan juta penduduk. Untuk itu, seorang ahli antropologi yang mengarang etnografi tidak dapat mecakup seluruh suku bangsa tersebut dalam deskripsinya. Dan secara universal etnografi juga dapat diartikan sebagai suatu kebudayaan yang telah menjadi kebiasaan dalam masyarakat. Etnografi juga memiliki beberapa unsur-unsur atau bisa juga disebut kerangka etnografi, adapun unsur-unsur tersebut:

1. Bahasa

2. Sistem teknologi

3. Sistem ekonomi

4. Organisasi sosial

5. Sistem pengetahuan

6. Kesenian

7. Sistem religi

Unsur-unsur ini juga bersifat universal, maka dari itu para ahli antropologi dapat memakai suatu sistem menurut selera dan perhatian mereka masing-masing. Dalam hal ini para ahli antropologi lazimnya memakai sistem dari unsur yang paling konkret ke yang paling abstrak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline