Lihat ke Halaman Asli

Lidia Febi

Pelajar

Faktor yang Mempengaruhi Internal dan Eksternal

Diperbarui: 16 Oktober 2024   20:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Faktor internal yang mempengaruhi perkembangan peserta didik meliputi faktor jasmaniah dan psikologis, seperti kesehatan,cacat tubuh,minat ,bakat ,dan motif pribadi.faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan peserta didik meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat .

* Perubahan sosial dan global budaya

Faktor internal yang menyebabkan perubahan sosial dan global budaya meliputi perubahan penduduk, penemuan -penemuan baru,dan konflik dalam masyarakat . Faktor eksternal yang menyebabkan perubahan sosial meliputi faktor alam, peperangan, pengaruh kebudayaan masyarakat lain,dan Lingkungan fisik.

* Faktor keluarga 

Faktor internal keluarga meliputi besar keluarga,norma keluarga,tingkat pendidikan ibu, tingkah penghasilan keluarga,dan tingkat konsumsi zat besi.Faktor eksternal keluarga meliputi lingkungan sosial dan media masa.

* Faktor kelompok teman sebaya 

 penampilan dan perbuatan, kemampuan Fikri,sikap,sifat, perasaan,pribadi, pemurah,suka bekerjasama,membantu dan memikirkan anggota kelompok dan tanggung jawab.

*Faktor sekolah

Metode pelajaran, hubungan pendidik dengan peserta didik, hubungan peserta didik dengan peserta didik,visi , misi dan tujuan sekolah, evaluasi diri sekolah,peran kepala sekolah,dan peningkatan mutu guru.

#Perbedaan internal dan eksternal 

Internal memiliki arti yang berhubungan dengan bagian dalam diri, tubuh,benda, lingkungan baik secara individu maupun kelompok atau organisasi sedangkan eksternal memiliki arti yang berhubungan dengan bagian luar diri, tubuh,benda, lingkungan baik secara individu maupun kelompok atau organisasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline