Lihat ke Halaman Asli

Analisis Pemasaran Produk Olahan Perikanan Sambal Ikan Tongkol

Diperbarui: 11 November 2021   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Junianto 1 dan Lidia Naomi Hasibuan 2

1)Dosen Departemen Perikanan_UNPAD
2)Mahasiswa Program Studi Perikanan _ UNPAD

Sambal merupakan produk olahan dari cabai yang dilumatkan dan ditambahkan bahan tambahan lainnya yang memiliki citarasa pedas dan mempunyai fungsi sebagai pelengkap dalam menyantap makanan.  Sambal ikan merupakan sambal yang berbahan baku ikan, cabai dan tomat. Pembuatan sambal dengan formulasi ikan dan sambal merupakan inovasi baru dalam pembuatan bahan harus memiliki tujuan pada tindakannya.

Pembuatan Sambal Ikan Tongkol adalah sebagai berikut :
1.Potong kasar bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat, kemudian goreng hingga layu, angkat dan tiriskan. Lalu goreng terasi.
2.Bahan yang telah digoreng dihaluskan
3.Goreng bumbu dengan api kecil selama 10-15 menit, sebelum matang ikan tongkol yang telah disuir dimasukkan dan diaduk sampai matang.
4.Sambal yang telah jadi didiamkan hingga dingin, dan disimpan dalam botol toples tutup rapat.

Kebutuhan konsumen dalam sambal ikan tongkol adalah fisiologis. Kebutuhan fisiologis adalah dimana konsumen memerlukan produk ini sebagai makanan. vAdapun segmentasi dari produk sambal ikan tongkol ini adalah dari Faktor Segmentasi  Geografis yaitu   Berfokus di daerah Kota Cimahi, Jawa Barat. Yang terdiri dari Cimahi Utara, Cimahi Selatan, Cimahi Tengah. Faktor Segmentasi  Demografis, yaitu  Remaja - orang tua.  Tingkat penghasilan  yaitu bawah-menengah keatas.  Faktor Segmentasi Psikografis yaitu menyasar konsumen yang merasa kurang nikmat bila tidak menambahkan sambal dalam makanannya.
Konsumen akan membeli sebuah produk berdasarkan kebutuhan yang konsumen inginkan selanjutnya konsumen akan mencari informasi mengenai kebutuhan yang diinginkan dengan membandingkan produk dari berbagai merek. Setelah mendapatkan informasi yang diinginkan dan diharapkan konsumen akan memutuskan produk yang akan konsumen beli sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya, pada akhir setelah pembelian konsumen akan mengevaluasi kembali produk yang sudah dibeli (Ismayanti 2017).
Sambal ikan tongkol mempunyai dasar persaingan cost advantage. Cost advantage mempunyai keunggulan lebih dari pesaing yang diperoleh dengan menawarkan nilai yang lebih besar pada konsumen, baik dalam hal penawaran harga yang lebih rendah atau dengan memberikan keuntungan/ manfaat pada konsumen walaupun dengan harga tinggi.
 
Perencanaan produk adalah langkah strategis untuk bisa menghasilkan produk- produk industri yang akan dipasarkan. Tujuan proses perencanaan pemasaran adalah merancang produk sesuai/berorientasi terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen.   Berikut perencanaan produk untuk sambal ikan tongkol :
-Penampakan : Penampakan warna sambal ikan tongkol bewarna merah cerah namun agak tua. Warna tampak enak dilihat dan sama dengan sambal pada umumnya.
-Aroma:  Aroma dari sambal ikan tongkol ini hampir sama seperti sambah umumnya, namun terdapat aroma dari ikan yang bersatu padu dengan aroma cabai membuat sambal ini mempunyai aroma yang khas dan menggugah selera.
-Tekstur: Tekstur dari sambal ikan tongkol ini lembut, namun terdapat irisan daging tongkol lembut.
-Rasa: Rasa dari sambal ikan tongkol ini mempunyai rasa khas dari sambal dan ikan itu sendiri. Rasa sambal ikan tongkol ini berbeda dengan sambal biasa, karena rasa dari ikan itu sendiri menambah kegurihan dari sambal ini.
Ukuran sambal ikan ini disesuaikan dengan ukuran sambal pada umumnya yaitu 150 gram . Pemilihan ukuran ini didasarkan pada ukuran sambal agar cepat habis, dikarenakan sambal ikan ini merupakan produk pangan yang cepat basi atau cepat memasuki batas kadaluarsa.
Strategi penentuan harga sambal ikan tongkol ini adalah cost unit pricing yaitu bertujuan untuk mendapatkan laba. Harga sambal dengan 200 gram (1 toples)  adalah Rp. 35.000.
Dalam alur proses promosi terdapat tiga tahapan yaitu sasaran, informasi produk, media promosi.
a.Sasaran: remaja, orang dewasa baik perempuan ataupun laki-laki, orang tua.
b.Apa yang harus disampaikan :
-Informasi produk: merek dagang, cara penyimpanan, komposisi, berat barang, tanggal kadaluarsa, dll
-Bahan yang digunakan : bawang merah, bawang putih, cabe rawit, terasi, tomat, gula, garam, ikan tongkol.
- Kelebihan dan kekurangan produk

KelebihanKekurangan
Produk yang made by order sehingga produk selalu fresh saat dikirimkan ke konsumenBila segel produk dibuka hanya bertahan hingga seminggu didalam kulkas.
Tidak ada tambahan bahan pengawet

Promosi dilakukan melalui penggunaan media sosial meliputi instagram, facebook dan youtube. Media sosial tadi merupakan media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat. Penggunan adsense diberbagai platform sosial itu akan membantu membuat produk ini menjadi lebih mudah dikenal masyarakat.  Untuk mempermudah pemasaran dapat dilakukan melalui e-commerce seperti shopee, tokopedia dan lazada.
Teknik promosi menggunakan adversiting yaitu pengiklanan melalui berbagai media sosial, sales promotion yaitu penggunaan jasa sales untuk memperkenalkan produk sambal tongkol ke masyarakat luas diberbagai acara atau rumah ke rumah.
Distribusi dilakukan dengan cara :
-Pabrik ke konsumen : Produsen dapat mengirimkan barangnya langsung kepada konsumen melalui platform digital (official store)
-Pabrik- pengecer- konsumen: produsen mengirimkan barang ke eceran lalu ke konsumen. Bertujuan agar menjangkau masyarakat yang tidak menggunakan platform pembelian media sosial, dan juga sebagai media iklan agar produk sambal ini semakin banyak dikenal dan dikonsumsi masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

Ismayanti. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Warung Spesial Sambal Plengkung Gading Jalan Mayjen Sutoyo Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Maslow Abraham.  2010. Motivation and Personality. Rajawali. Jakarta
Mulyana, M.2019.Inisiasi III Segmentasi Pasar, Penargetan Pasar dan Pemosisian.Universitas Terbuka.Jakarta
Sulistijowati S, Shindy H, Muh Tahir. 2020. Kuliner Sambal Ikan. Deepublish: Yogyakarta




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline