Lihat ke Halaman Asli

Lidatul Wakidah

Lakukan sekarang atau tidak sama sekali

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.2 Guru Penggerak

Diperbarui: 8 Maret 2023   13:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN -- Modul 2.2

PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL (PSE)

LIDATUL WAKIDAH, S.Pd

 

Assalamu'alaikum wr.wb

Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat dimana pun Anda berada. Kembali lagi dengan saya Lidatul Wakidah, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SDN 1 Tegalrejo Kec Bayat Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 2.2 yaitu Pembelajaran Sosial dan Emosional.

Jurnal Dwi mingguan ini saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 2.2 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 2.2 ini dalam artikel ini dengan model refleksi 4P/4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

  • PERISTIWA/FACT

            Pembelajaran Modul 2.2 ini dimulai dengan kegiatan pembelajaran 1 yaitu mulai dari diri, dalam fase pertama pembelajaran CGP diminta merefleksikan pengalaman berkaitan dengan kompetensi sosial dan emosional, baik diri sendiri maupun murid. Kegiatan selanjutnya  adalah pembelajaran 2a.Eksplorasi Konsep dan pembelajaran 2b. Eksplorasi Konsep Forum diskusi. Dalam kegiatan Eksplorasi konsep CGP dihadapkan pada lima kasus yang berhubungan dengan Kompetensi Sosial Emosional (KSE). Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

          Pada Selasa,  28 Februari 2023 kami melaksanakan kegiatan Sinkronus pembelajaran 3 di ruang kolaborasi bersama Fasilitator kami Bapak Budi Herijanto dan rekan Calon Guru Penggerak Angkatan 7. Tugasnya adalah mendiskusikan dan menyusun 5 ide penerapan 5 KSE sesuai dengan karakteristik jenjang pendidikan dan menuliskan dalam tabel 3.1.serta menyusun 2 (dua) ide penguatan pembelajaran 5 KSE untuk PTK yang dituliskan dalam table 3.2. Kegiatan selanjutnya yaitu diskusi bersama kelompok membuat bahan presentasi untuk kegiatan ruang kolaborasi 2.

          Pada Rabu, 29  Februari 2023 kami dipertemukan Kembali dalam ruang kolaborasi 2 dengan kegiatan persentasi hasil diskusi ruang kolaborasi 1 dan selanjutnya hasil diskus serta tanya jawab diunggah dalam LMS.Tugas kami masih berlanjut di Pembelajaran 4 yaitu kegiatan Demonstrasi kontekstual. Yakni, membuat Rencana Program Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi yang didalamnya terdapat minimal 2 kompetensi Sosial dan Emosional dan mengunggahnya ke dalam LMS. Tak hanya itu, tugas lainnya adalah memberikan kritik, saran dan tanggapan terkait RPP berdiferensiasi yang dibuat oleh rekan CGP lainnya.

          Selang beberapa hari berikutnya, yakni Senin, 06 Maret 2023 kami bergabung dalam pembelajaran 5 ruang elaborasi pemahaman bersama instruktur Ibu Afriyani (Disdik Pidie Jaya Aceh) dengan didampingi oleh fasilitator, pengajar praktik, dan rekan CGP lainnya. Kegiatan yang dilakukan adalah menyimak pemaparan instruktur, tanya jawab, dan memperdalam materi pembelajaran berdiferensiasi. Adapaun tugas selanjutnya adalah Pembelajaran 6 membuat yang memuat tentang koneksi antar materi; keterkaitan modul 2.2 pembelajaran berdiferensiasi dengan modul 1.1 filosofi Ki Hajar Dewantara, modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak, modul 1.3 visi guru penggerak , modul 1.4 budaya positif dan modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid. Kegiatan modul 2.2 diakhiri dengan pembelajaran 7 kegiatan Aksi Nyata. Yang mana kegiatan tersebut diupload di Youtube dan diunggah pada LMS.

  • PERASAAN/FEELING
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline