Senangnya saya mendengar kabar di tahun 2023 ini perusahaan kurir ekspedisi langganan saya mendapatkan penghargaan Gold Champion kategori Courier Service Indonesia WOW Brand 2023. Penghargaan keren dari Markplus Incorporation lewat divisi MarkPlus Insight ternyata bukan penghargaan pertama kali diterima oleh JNE. Di tahun-tahun sebelumnya JNE juga mendapatkan banyak penghargaan atas kiprah perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik dan nasional ini.
Dari hasil survey yang ada JNE bahkan terpilih menjadi salah satu brand terbaik Indonesia dengan predikat WOW Brand 2023. Survey dengan konsep WOW Marketing ini dilakukan pada 6.584 responden dengan lokasi beberapa kota besar di Indonesia. Predikat WOW Marketing ini semakin membuat saya yakin kalau perusahaan ekspedisi ini semakin pantas jadi langganan saya dalam pengiriman paket-paket produk jualan online dan segala jenis paket lainnya.
JNE sudah ada sejak tahun 1990 saat saya masih di bangku Sekolah Dasar. Tapi, saya baru banyak menggunakan pelayanan JNE di masa saya bekerja dan membuka usaha. Awalnya, pelayanan JNE cuma di jasa pengiriman paket biasa tetapi berkembang menjadi jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. Di akhir tahun 2012 divisi Logistik JNE menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres. Mulai tahun 2013 JNE juga berekspansi ke bidang logistik dengan layanan pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Di tahun 2014, JNE meluncurkan JNE E-Commerce dengan mengoptimalisasi Mobile Applications dan membangun 250 kantor operasional juga mempeluas jaringan hingga lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam Asia Free Trade Area yang berjalan sejak tahun 2015.
Yang saya ketahui saat ini ada banyak jenis paket JNE seperti JNE YES yang paling sering saya gunakan. Ada juga paket Reguler, Super Speed, Diplomat, OKE yang punya harga super ekonomis, dan ada paket Jesika. Ada pelayanan JNE online payment juga untuk mempermudah pembayaran. Ini kan eranya cashless, tentuna pelayanan online payment jadi andalan. JNE juga menyediakan JNE loyalty card untuk pelanggan-pelanggan setianya yang memberi banyak keuntungan lain.
JNE berhasil menjadi juara karena WOW Marketing yang diterapkannya. Skor rasio advokasi merek dan tingkat awareness JNE tertinggi di antara merek di industri yang sejenis. Sekedar informasi, strategi WOW Marketing ini berarti strategi dengan mengikuti perilaku konsumen di era konektivitas dan informasi yang terbuka sekarang. Dari sumber-sumber yang saya baca, WOW Marketing sendiri maksudnya yaitu strategi marketing yang mengkombinasikan kreatifitas dan produktifitas yang memberi nilai lebih kepada konsumen sampai konsumen mengatakan "Wow".
Penghargaan juara WOW Marketing di kategori Courier Service ini baru saja diserahkan oleh Jacky Mussry sebagai Chief Executive Officer MarkPlus, Inc dan diterima JNE oleh Kurnia Nugraha, Head of Media Relation JNE Express bersamaan dengan konferensi pemasaran terbesar untuk para brand enthusiast. Ini menjadi pestanya orang Brand di Indonesia. Tema acara kali itu "Branding for the Game Charger" di Hotel The Westin di Hotel The Westin, Jakarta, 11 Mei 2023 lalu. Itu merupakan acara WOW Brand Festive day yaitu festival pemasaran terbesar untuk para brand enthusiast yang diikuti sekitar 400 brand enthusiast dari lebih dari 300 brand terbaik Indonesia. Brand expert Kurnia Nugraha juga hadir menjadi pembicara di konferensi ini dengan mengangkat tema "Boost Affinity by Brand Collaboration" yang selama ini diterapkan JNE dalam mendukung strategi kolaborasi JNE.
Kurnia Nugraha, Head of Media Relation JNE mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan istimewa ini. "Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar -- besarnya kepada MarkPlus, Inc. dan MarkPlus Insight atas penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service".
Menurut Kurnia, komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional, untuk berkontribusi secara nyata selama 33 tahun terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara, diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat. Tak hanya itu, Kurnia juga mengatakan bahwa JNE terus melakukan pengembangan bisnis dengan meningkatkan berbagai sektor penting demi kualitas pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan, stakeholder dan para mitra.
Kurnia menjelaskan kalau tagline JNE "Connecting Happiness" juga punya tujuan agar membawa manfaat bagi banyak orang secara internal dan eksternal perusahaan. Karena itu, penghargaan ini memberikan motivasi tersendiri untuk manajemen dan karyawan agar terus bekerja optimal memberikan performa terbaik. Kurnia juga mengharapkan program dan langkah-langkah JNE bisa memberi manfaat untuk masyarakat luas.