Lihat ke Halaman Asli

Laporan Best Practise "Meningkatkan Kemampuan Mengenal pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Menyusun Angka Menggunakan Media Loose Part"

Diperbarui: 28 September 2022   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi TK Dharma Wanita Jumo Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung

Lingkup Pendidikan Taman Kanak -- Kanak ( Kelompok A )

Tujuan yang ingin dicapai Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-5 pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Menyusun Angka Menggunakan Media Loose Part

Penulis  Lia Wardani,S.Pd, Tanggal 26 September 2022

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah : 

Kemampuan anak terkait dengan numerasi yang berhubungan dengan pengenalan angka 1-5 masih kurang, Anak kurang tertarik dengan kegiatan numerasi yang di lakukan guru berkaitan dengan kegiatan pengenalan angka 1-5, Kurang nya konsentrasi anak dalam kegiatan pembelajaran. Media yang di gunakan guru dalam kegiatan numerasi belum bervariasi dan kurang menarik minat anak.

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk di bagikan karena Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi guru untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang tepat, yang bermuatan HOTS, TPACK, dan inovatif, Praktik pembelajaran ini bisa menjadi referensi dan inspirasi guru lain bagaimana cara mengatasi permasalahan dalam kegiatan pembelajaran, Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi guru lain dalam hal merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif

Guru berperan dan mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang aktif kreatif efektif dan menyenangkan, yang bermuatan HOTS dan TPACK dengan menggunakan media dan metode yang tepat dan inovatif sehingga tujuan dalam kegiatan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tingkat usia perkembangan anak. 

Guru menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran yang menarik minat anak serta guru juga melakukan penilaian terhadap proses belajar anak dengan instrument penilaian yang sesuai.

Dari hasil analisis kajian literatur dan wawancara penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin di capai yaitu mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kegiatan numerasi anak tentang pengenalan angka 1-5 antara lain : Guru belum menggunakan media yang menarik, media yang di gunakan tidak merangsang minat dan perkembangan anak, media yang di gunakan guru masih belum bervariasi, Guru belum menciptakan suasana kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak merasa cepat bosan dengan kegiatan yang di lakukan guru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline